Memprihatinkan, Sekolah di Nias Hanya Beratapkan Daun Rumbia

iNews Siang ยท Rabu, 02 Mei 2018 - 19:30 WIB

NIAS, iNews.id - Sekolah dengan kondisi memprihatinkan terdapat di Nias, Sumatera Utara. Sekolah yang berlokasi di Desa Hiliamaera ini hanya beratapkan daun rumbia dan dinding yang terbuat dari anyaman bambu serta lantai yang beralaskan tanah.

Sudah berkali-kali gedung sekolah ini rusak akibat diterpa cuaca buruk. Kegiatan belajar mengajar bahkan juga kerap terganggu saat hujan turun. Pasalnya atap sekolah sering kali terbawa angin saat hujan.

Sekolah negeri ini memiliki enam ruang kelas dengan 120 siswa yang terdiri dari dua jurusan. Setiap ruangan hanya difasilitasi kursi dan meja darurat yang menancap pada tanah.

Selain belajar di ruang sekolah yang jauh dari kata layak, para siswa juga harus berjalan kaki melewati beberapa kebun dan tebing yang berlumpur untuk tiba di sekolahnya. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya infrastruktur jalan beraspal.

Dari 14 tenaga pendidik yang mengajar disekolah ini, hanya Kepala Sekolah yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sementara tenaga pendidik lainnya hanya sebagai guru tidak tetap.

Video Editor: Alvian Surya

Editor : Dani Dahwilani

Bagikan Artikel: