Kadis Kesehatan Sumut, Ismail Lubis memberikan keterangan soal temuan kasus gagal ginjal akut misterius di Sumut (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)
Ahmad Ridwan Nasution

MEDAN, iNews.id - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mencatat ada 11 kasus gagal ginjal akut misterius yang terjadi di wilayahnya. Enam di antaranya meninggal dan empat anak masih dalam perawatan, satu sembuh.

Kadis Kesehatan Sumut, Ismail Lubis menuturkan dari 11 kasus, tujuh orang dirawat di RSUP Haji Adam Malik sementara, empat dirawat di rumah sakit lain. Dari enam anak yang meninggal dirawat di RSUP Haji Adam Malik Medan. 

"Di Sumut ada 11 kasus. Enam anak di antaranya meninggal," ucap Ismail Lubis, Rabu (19/10/2022).

Ismail Lubis mengatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui penyebab terjadinya gagal ginjal akut misterius pada anak anak tersebut. Dia juga mengimbau agar orang tua tidak sembarangan memberi obat kepada anaknya ketika sakit. Orang tua disarankan agar terlebih dahulu membawa ke pelayanan kesehatan.

"Hari ini kami melakukan penyelidikan epidemiologi. Kami ingin tahu apa sih penyebab ini," ujarnya lagi.

Sebelumnya, Dokter Spesialis Anak Konsultan Nefrologi RSUP Adam Malik dr Rosmayanti Syafriani mengatakan pasien dengan yang mengalami penyakit itu datang dengan kondisi perburukan yang sangat cepat dan mengalami gejala awal tidak bisa kencing atau kencingnya sedikit sekali dibandingkan dalam keadaan normal.
 
"Sampai saat ini kita pun belum bisa atau belum dapat menentukan penyebab utama penyakit tersebut," katanya.


Editor : Nani Suherni