Sebanyak 34.840 vial vaksin Sinovac tiba di kargo Bandara Kualanamu Deliserdang. (Foto: istimewa)
Stepanus Purba

MEDAN, iNews.id - Sebanyak 34.840 vial vaksin Sinovac pengiriman tahap II diterima Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara (Sumut), Jumat (15/1/2021). Selanjutnya, Dinkes Sumut akan menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan (kemenkes) untuk mendistribusikan vaksin tersebut ke 30 kabupaten/kota se-Sumut.

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Kesehatan Dinkes Sumut Sri Suriani Purnamawati mengatakan saat ini vaksin Sinovac buatan China tersebut masih disimpan di gudang penyimpanan khusus milik Dinkes Sumut. Untuk proses distribusi, Dinkes Sumut akan menunggu instruksi dari Dirjen P2P Kemenkes. 

"Vaksin ini rencanyanya akan diberikan ke 30 kabupaten/kota yang belum mendapatkan vaksin. Namun kami masih menunggu instruksi dari kemenkes terkait jumlah yang diterima masing-masing daerah," Sri, Sabtu (16/1/2021). 

Sri mengatakan saat ini Dinkes Sumut sudah menerima sebanyak 74.840 vial vaksin Sinovac. Vaksin tersebut tiba di Sumut dalam dua tahap yakni tahap pertama sebanyak 40.000 vial dan tahap kedua sebanyak 34.840 vial. Dari jumlah tersebut, sebanyak 30.060 vial sudah didistribusikan ke tiga daerah yakni Medan, Binjai dan Deliserdang.  

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 37.000 tenaga kesehatan di Sumut akan mendapat suntik vaksin Covid-19. Karena setiap orang mendapatkan jatah dua vial," ujarnya. 

Sri mengatakan saat ini Dinkes Sumut masih melakukan pendataan terhadap tenaga kesehatan (nakes_ yang menjadi prioritas mendapatkan vaksin. Selain itu, para tenaga kerja yang bekerja untuk bidang kesehatan di luar nakes akan mendapatkan prioritas utama. 

"Nanti kalau memenuhi kriteria akan penerima vaksin akan mendapatkan SMS. Sebab data yang kami masukkan adalah data awal, sehingga bila ternyata memiliki komorbid nanti akan terseleksi dan tidak akan mendapatkan SMS," ujarnya. 


Editor : Stepanus Purba

BERITA TERKAIT