Ilustrasi gempa bumi terkini di Nias Selatan, Sumut. (iNews.id)
Nani Suherni

JAKARTA, iNews.id - Gempa terkini dengan magnitudo (M) 5,3 mengguncang wilayah Nias Selatan, Selasa (15/3/2022) malam. 

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, episentrum gempa yang terjadi pukul 19.12 WIB berada di 144 km kilometer tenggara Nias Selatan, Sumatra Utara. 

Koordinat gempa berada di 0,55 derajat Lintang Selatan dan 98,47 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 25 kilometer.

“#Gempa Dirasakan Magnitudo: 5.3, Kedalaman: 25 km, 15 Mar 2022 19:12:30 WIB, Koordinat: 0.55 LS-98.47 BT (Pusat gempa berada di laut 144 Km Tenggara Nias Selatan) #BMKG,” tulis @infoBMKG.

BMKG menyatakan getaran gempa dirasakan (MMI) II di Pasaman dan II Nias Selatan. Terkait gempa tersebut, masyarakat diminta berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Seperti diketahui, Senin (14/3/2022) sekitar pukul 04.0.9 WIB, gempa bermagnitudo 6,7 terjadi di Nias Selatan.

Berdasarkan keterangan BMKG, gempa tersebut terjadi di zona megathrust atau sumber gempa tumbukan lempeng yang terjadi di kedalaman dangkal.

BMKG juga menyampaikan gempa tersebut getarannya dirasakan pada Skala IV MMI di Nias Selatan, Padang, Siberut, dan Gunungsitoli. Pada Skala IV MMI, getaran dapat dirasakan banyak orang di dalam rumah dan beberapa orang di luar rumah serta menyebabkan pintu serta jendela berderik.

Selain itu, getaran gempa di Nias Selatan pada Skala III MMI, yaitu terasa seperti seakan ada truk berlalu terjadi di daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Tuapejat, Pariaman di Sumatera Barat.

Sementara itu, di Dhamasraya, Payukumbuh, Kerinci, Tapanuli Selatan, Pesisir Selatan, Batusangkar, Padang Pariaman, dan Solok, getaran akibat gempa tersebut dirasakan pada Skala II MMI. Pada skala ini, getaran menimbulkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.


Editor : Kastolani Marzuki

BERITA TERKAIT