Kampung India di Medan
Nani Suherni

MEDAN, iNews.id - Kampung India di Medan ini bisa menjadi tempat pinik buat Anda pencinta Bollywood. Di tempat ini pengunjung bisa melihat langsung para perempuan India memakai sari.

Kampung India di Medan ini aslinya memiliki nama Kampung Madras. Sebelumnya, warga sekitar menamai Kampung Keling (gelap).

Penyebutan Kampung Keling pun berubah karena dinilai negatif. Sejumlah warga India di kampung itu pun keberatan atas sebutan tersebut. Kampung itu pun kini lebih dikenal dengan Kampung Madras yang merupakan nama kecamatan wilayah itu.

Berikut soal Kampung India di Medan 

Munculnya Kampung India

Pada abad ke 19, Medan sebagai pusat perdagangan kerap disinggahi saudagar, salah satunya dari India. Pedagang ini mayoritas merupakan etnis Tamil. Seiring waktu, jumlah mereka pun terus bermunculan dan menempati wilayah Kecematan Madras.

Luas Kampung India di Medan

Kampung India Di Medan (Foto: Instagram/Tijanatimebomb)

Kampung Madras ini luasnya mencapai 10 hektare. Kini tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Medan.

Di kampung ini, pengunjung seakan disuguhi secara langsung suasana yang biasa Anda lihat di film Bollywood. Para perempuan di kampung ini masih mengenakan sari India. Anda juga bisa menikmati kuliner India seperti nasi briyani sampai roti canai.

Kampung India di Medan punya Kuil Hindu

Kampung India Di Medan (Foto: Instagram/Tijanatimebomb)

Dihuni sejumlah warga India, Kampung Madras pun terdapat kuil Hindu Shri Mariamman. Kuil ini konon tertua di Kota Medan yang dibangun tahun 1884.  Kuil ini dipenuhi puluhan patung.

Selain itu ada Kuil Subramaniem. Kuil ini rupanya dipakai untuk ibadah warga setempat.

Selain kuil Hindu, Anda juga bisa menemukan Vihara Gunung Timur. Konon vihara ini terbesar di Kota Medan. Jangan khawatir, di kampung ini juga ada bangunan Masjid Ghaudiyah. Uniknya, desain masjid ini kental dengan nuansa India. 

Perayaan Kampung India di Medan

Tempat ini benar-benar mirip di film Bollywood. Sejumlah perayaan yang biasa kita lihat di film-film, Anda bisa ikut berpartisipasi.

Salah satu perayaan paling hits yakni Diwali yang digelar selama 5 hari berturut-turut. Biasanya acara ini dilaksanakna pada Oktober-November.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT