Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, IBN Wiswantanu. (Foto: istimewa)
Wahyudi Aulia Siregar

MEDAN, iNews.id - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut) berhasil menyelamatkan aset berupa tanah seluas 243 hektare milik Pemprov Sumut yang selama ini dikuasai oleh 145 orang penggarap. Tanah senilai Rp152 miliar itu merupakan bagian dari 300 hektar lahan yang rencananya akan dibangun areal sport center

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, IBN Wiswantanu, mengatakan bahwa tindakan penyelidikan yang sudah dilakukan Kejati Sumut atas lahan untuk membantu pemprov Sumut mendorong percepatan pembangunan sport center yang merupakan salah satu proyek strategis di Sumut.

"Proyek pembangunan Sport Center ini akan digunakan untuk PON 2024 yang mana Sumut akan menjadi tuan rumah. Langkah ini juga membantu PTPN II mengatasi permasalahan tentang tanah dan penyelamatan aset–aset BUMN yang cukup pelik di Sumut," kata IBN Wiswantanu, Senin (27/9/2021).

IBN Wiswantanu berjanji akan para penggarap di lahan tersebut sudah berjanji akan mencabut semua gugatan di pengdila maupun kasasi di Mahkamah Agugn. 

Sementara itu, Kasi Penkum Kejati Sumut Yos Arnold Tarigan menerangkan penyelamatan aset tersebut dilakukan Kejati Sumut. Dari penyelidikan yang dilakukan tanah tersebut digarap oleh oknum-oknum masyarakat yang telah menguasai dan memilikinya sehingga mengakibatkan terkendalanya penerbitan IMB dan pembangunan sport center.

Agar pembangunan tersebut dapat terlaksana dan proses percepatan pembangunan untuk kepentingan negara terealisasi, Kejati Sumut IBN Wiswantanu melalui Asisten Intelijen Dwi Setyo Budi Utomo  memerintahkan melakukan tindakan yustisia berupa tindakan persuasif untuk mengamankan tanah di lokasi sport center dari para penggarap.

"Masyarakat penggarap menyerahkan dan membuat surat pernyataan secara suka rela seluas 243 Hektar kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara untuk berjanji tidak akan menggarap, menguasai dan melakukan tindakan hukum keperdataan tanah tersebut," ucapnya. 

Dengan adanya penyelamatan aset tanah ini, tambah Yos makan permohonan IMB dan pembangunan sport center dapat terlaksana dan terealisasi sesuai harapan.


Editor : Stepanus Purba_block

BERITA TERKAIT