Kendaraan dari Padangsidimpuan-Sibolga Bisa Melintas, Longsor di Tapsel Sudah Dibersihkan (Foto: iNews/Indra Mulia)
Antara, Indra Mulia S.

TAPSEL, iNews.id - Kendaraan dari Padangsidimpuan-Sibolga dan sebaliknya sudah bisa melintas, Jumat (18/11/2022) sore. Material longsor yang menutupi jalan di daerah Sibangkua, Kecamatan Angkola Barat, Tapanuli Selatan (Tapsel) sudah dibersihkan. 

"Alhamdulillah lalu lintas sudah mulai lancar," kata Kepala Pelaksana (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tapanuli Selatan ( BPBD Tapsel) Umar Halomoan, di Sipirok, Jumat (18/11/2022)

Sebelumnya tebing longsor menimbun Jalinsum sekira pukul 11.30 WIB. Akibatnya akses jalan Padangsidimpuan-Sibolga terputus. Umar memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Tidak ada korban akibat peristiwa longsor di akibatkan hujan lebat yang turun secara terus menerus di wilayah itu," kata Umar.

Tebing jalan yang longsor itu menutup badan Jalinsum di titik kilometer sekitar 5,5 arah Padangsidimpuan menuju Sibolga itu setinggi lebih kurang 10 meter lebar 25 meter.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan Logistik BPBD Tapsel, Hotma Tua Rambe mengatakan, longsor di wilayahnya terjadi usai curah hujan tinggi selama 7 hari. Akibatnya ada dua area yang terjadi longsor.

"Penyebabnya (longsor) hujan deras ekstrem selama 7 hari terus menerus setiap malam," katanya.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT