Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah melakukan pengecekan Tabung Isolasi (Isolation Chamber) COVID-19. (Foto: ANTARA/HO)
Antara

MEDAN, iNews.id - Kodam I Bukit Barisan membuat tabung isolasi (Isolation Chamber) Covid-19 untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah Sumatera Utara. Tabung ini diharapkan dapat mengurangi ancaman kontaminasi antara pasien dan perawat medis.

"Setiap hari selalu ada laporan penambahan warga yang terpapar positif Covid-19. Ini kami lakukan untuk mengurangi risiko penularan," ujar Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, seusai pengecekan di Makodam, Rabu (17/6/2020).

Dia mengungkapkan, dalam pembuatan tabung isolasi, Paldam I/BB bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Tingkat II Putri Hijau Medan. Ke depan, Paldam I/BB akan menambah beberapa unit lagi dan didistribusikan ke seluruh Rumah Sakit Tentara di jajaran Kodam I/BB.

Tabung isolasi ini berukuran panjang 194 cm, lebar 50 cm dan tinggi 50 cm. Tujuan tabung ini untuk mengantisipasi kontak langsung dan mengurangi risiko penularan virus dari pasien yang diduga terpapar Covid-19 terhadap tenaga medis saat proses evakuasi ke rumah sakit.

"Ini pencegahan untuk menghindari risiko virus menyebar selama penanganan dan pengangkutan pasien," kata mantan Kapuspen TNI tersebut.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT