Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi (Foto: istimewa)
M Andi Yusri

MEDAN, iNews.id -  Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi mengukuhkan 66 Pasukan Pengibar Bendera (Paskiba) Sumut. Dia pun berpesan kepada para paskibra agar melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugasnya. 

"Lakukan yang terbaik, kita ini semua adalah generasi penerus, melanjutkan generasi pejuang. Generasi penerus, tidak lebih mudah daripada generasi pejuang," kata Edy pada acara pengukuhan 66 Paskibra Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Senin (15/8/2022). 

Upacara pengukuhan dimulai dengan mengucap sumpah oleh anggota Paskibraka. Suasana makin khusyuk ketika pemimpin upacara Rinaldi Aditya Wijaya mencium bendera merah putih yang berada di sampingnya dan diiringi lagu Padamu Negeri. Bertugas mengibarkan bendera merupakan salah satu bentuk cinta kepada bangsa dan tanah air.

“Kita sudah dua tahun tidak melakukan ini karena pandemi Covid-19, saat ini ada duta dari 33 kabupaten/kota menjadi satu, tanggal 17 Agustus mereka melakukan pengibaran bendera, menunjukan rasa cinta setia kepada negara Republik Indonesia, ini yang dilakukan generasi penerus, pemuda-pemuda kita,” ujar Edy.

Generasi kini, menurut Edy, mestilah melanjutkan perjuangan generasi terdahulu yakni memerdekakan bangsa. Edy mengartikan kemerdekaan adalah terwujudnya kesejahteraan rakyat. 

“Merdeka saat ini adalah lengkap sandang pangan, merdeka sejahtera, itulah cita-cita negara, semua negara sama, diawali dengan generasi pejuang, dilanjutkan dengan generasi penerus, kita kejar apa yang bisa kita lakukan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, khususnya di Sumut, itulah merdeka,” ucap Edy.

Sementara itu, Pembina Pemuda dan Paskibra Sumut M Tohir mengungkapkan, tahun ini seluruh anggota Paskibraka akan tampil dengan formasi lengkap. Seperti diketahui, akibat pandemi Covid-19, Paskibraka yang bertugas pada tahun 2020 hanya delapan orang dan sedangkan tahun 2021 sebanyak 16 orang. 

“Seluruh Indonesia kita tidak lengkap, tapi karena pandemi sekarang mulai membaik, maka tahun ini kita akan tampil lengkap,”ucap Tohir. 

Tohir memaparkan jumlah keseluruhan anggota Paskibraka 66 orang berasal dari 33 kabupaten/kota se-Sumut. Terdiri dari 38 putra dan 28 putri. Para Paskibraka tersebut masuk ke asrama pada 31 Juli hingga nanti dipulangkan pada 18 Agustus. 

Mereka akan bertugas mengibarkan bendera pusaka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Astaka Jalan Pancing, Deliserdang. Usai pemulangan, para Paskibraka diberikan hadiah rekreasi pendidikan ke Sekolah Taruna di Yogyakarta.

Rinaldi, salah satu anggota Paskibraka asal Asahan, mengaku sangat bangga bisa terpilih menjadi anggota Paskibraka Sumut. Ia pun bertekad akan melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugasnya, sebagai wujud kecintaannya kepada bangsa dan negara. 

“Kami siap menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan pesan Pak Gubernur,“ ucap Rinaldi.

Turut hadir pada pengukuhan tersebut Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam I/Bukit Barisan Achmad Daniel, Kapolda Sumut RZ Panca Putra Simanjuntak, Kajati Sumut Idianto, Pangkosek Hanudnas III Mohammad Nurdin.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT