Peta Indonesia (Foto: Pixabay)
Nani Suherni

JAKARTA, iNews.id - Provinsi paling utara di Pulau Sumatera merupakan Provinsi Aceh. Pulau Sumatera tercatat memiliki 10 provinsi.

Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa dalam bahasa Sanskerta, berarti pulau emas. Berdasarkan data Sensus Penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah penduduk di Pulau Sumatera 58,56 juta jiwa atau 21,68 persen. 

Jumlah penduduk di Pulau Sumatera terdata kedua terbesar di Indonesia. Nangroe Aceh Darusalam secara geografis terletak paling utara di pulau Sumatera. 

Dikutip dari portal resmi Pemprov Aceh, Banda Aceh memiliki julukan sebagai kota serambi Mekah. Hal ini dikarenakan penduduk Aceh mayoritas adalah muslim dan penyebaran agama Islam dimulai dari Aceh. Aceh memiliki banyak pulau kecil termasuk pulau Weh.

Sebagai provinsi paling utara di Pulau Sumatera, Aceh juga memiliki tempat wisata populer.

Salah satunya ada Pulau Rubiah. Sebuah pulau yang terletak di kota Sabang, provinsi Aceh. Pulau ini berada di sebelah barat-laut dari Pulau Weh.

Nama Rubiah berasal dari salah satu para aulia (Pemuka Agama) 44 yang berada di kota Sabang yakni Ummi Siti Rubiah. Pulau rubiah Merupakan Tujuan destinasi Utama di Aceh dengan keindah bawah lautnya. Di sini juga merupa tempat karantina haji tertua di nusantara yang hanya ada dua kala itu, satu lagi berada di Onrust Kepulauan Seribu.

Pondasi bekas karantina haji juga masih bisa kita lihat hingga sekarang, dan beberapa bagunanan lainya seperti bak penampungan air.

Kemudian ada Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektare yang secara administrasi pemerintahan terletak di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara. 

Pada tahun 2004 Taman Nasional Gunung Leuser juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, bersama dengan Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT