Mayjen TNI Richard Horja Taruli Tampubolon mengemban jabatan baru sebagai Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat atau Irjenad. (Foto: Kodam Pattimura)
Irfan Ma'ruf

JAKARTA, iNews.id - Mayjen TNI Richard HT Tampubolon baru saja menyerahkan tongkat komando Pangdam XVI Pattimura kepada Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat (15/7/2022). Jenderal Kopassus ini selanjutnya akan mengemban tugas baru sebagai Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat atau Irjenad.

Dengan jabatan ini, lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1992 ini otomatis akan naik pangkat setingkat lebih tinggi atau menjadi Letjen dengan pangkat tiga bintang.

Keputusan mutasi itu tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Sebagai Jenderal Korps Baret Merah, Mayjen TNI Richard sudah kenyang dengan penugasan di medan ooperasi. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI.

Selama kariernya di TNI AD, sosok yang berpengalaman di bidang Infanteri Baret Merah banyak terlibat dalam operasi militer, mulai dari Operasi Timor-Timor, Irian Jaya hingga Pembebasan Sandera yang dilakukan Abu Sayaf pada tahun 2016 silam.

Bahkan saat berpangkat bintang satu ketika menjabat sebagai Wadanjen Kopassus, dia ditunjuk sebagai Kepala Operasi (Kaops) Nemangkawi I di Papua. Richard dengan pasukan yang dibawanya sukses merebut Markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) serta melumpuhkan beberapa pimpinan militer Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB).

Dia juga ikut terjun langsung dalam pemberantasan teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso tahun 2020 sebagai Komandan Koopsgabssus Tricakti saat memburu Ali Kalora.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT