Tabrakan Kapal di Perairan Asahan, 3 ABK Selamat usai Terombang-ambing Ombak (Foto: Istimewa)
Wahyudi Aulia Siregar

ASAHAN, iNews.id - Dua kapal nelayan bertabrakan hingga terbalik di sekitar Lampu Putih, Perairan Asahan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada Kamis, (10/3/2022) malam. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Tiga orang anak buah kapal (ABK) yang bertabrakan itu berhasil diselamatkan setelah terombang-ambing di laut.

Koordinator Pos SAR Tanjung Balai Asahan, Ady Pandawa, mengatakan ketiga korban yang berhasil diselamatkan yakni Muhammad Yusuf (30), Agus Erwin (25) dan Solahuddin (28). Ketiganya merupakan warga Asahan Mati, Kabupaten Asahan.

"Kejadiannya sekitar pukul 7 malam. Kapal nelayan berjenis kayu bertabrakan dengan kapal nelayan lainnya yang mengakibatkan kedua kapal terbalik. Karena kapal terbalik, ketiga korban terjun ke laut dan bertahan hidup dengan cara berpegangan pada kapal yang terbalik," kata Ady, Jumat (11/3/2022).

Insiden itu, baru mereka ketahui sekitar pukul 21.00 WIB, setelah orang tua salah seorang korban melapor ke Siaga Pos SAR Tanjungbalai Asahan.

"Salah seorang korban yang terjun ke laut sempat menghubungi orangtuanya melalui ponsel dan meminta pertolongan," ujarnya.

Begitu mendapat informasi dari orangtua korban, personel di Siaga Pos Tanjungbalai Asahan langsung berkordinasi dengan nakhoda KN SAR 248 Sanjaya yang saat itu berada di Dermaga Panton. Kapal SAR itu kemudian langsung bergerak ke lokasi kecelakaan kapal dan melakukan pertolongan terhadap korban menggunakan sekoci milik Kapal SAR 248 Sanjaya.

"Berkat Sinergitas dan Respon time, Personel Rescuer Pos SAR Tanjung Balai Asahan, ABK KN SAR 248 Sanjaya, ABK RB 301 TBA dan  Personil Lanal TBA akhir sekitar pukul 22.05 wib tim berhasil menyalematkan ketiga korban dalam keadaan selamat," katanya.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT