1 Dokter dan 3 Perawat RSUD Rantauprapat Positif Covid-19

Fachrizal ยท Rabu, 09 September 2020 - 10:32:00 WIB
1 Dokter dan 3 Perawat RSUD Rantauprapat Positif Covid-19
RSUD Rantauprapat di Labuhanbatu. (Foto: iNews/Fachrizal)

RANTAUPRAPAT, iNews.id - Sebanyak empat petugas medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, terkonfirmasi positif Covid-19 hasil tes swab. Mereka terdiri atas seorang dokter dan tiga perawat.

Untuk mencegah penularan, RSUD Rantauprapat menutup sementara ruang Haemodialisa (cuci darah) selama satu pekan ke depan. Selain itu juga akan dilakukan disinfeksi.

Humas RSUD Rantauparapat Doni Simamora mengatakan, mereka yang terpapar yakni perawat berinisial N, laki-laki dan kini dirawat di RS Bunda Thamrin Medan. Kemudian perawat M, laki-laki yang menjalani isolasi mandiri di rumah (Medan). Lalu perekam medis inisial P, laki-laki asal Medan yang juga isolasi mandiri di rumah.

"Kemudian dokter inisal C, laki-laki yang jalani isolasi mandiri dalam rumah di Medan. Keempatnya saat ini sudah tidak bekerja sampai benar-benar dinyatakan sembuh," ujarnya, Selasa (8/9/2020) malam. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu Kamal Ilham menjelaskan, penularan petugas medis RSUD Rantauprapat bukan berasal dari dalam daerah. Namun mereka bepergian keluar daerah beberapa minggu lalu.

"Saat ini satu orang sedang dirawat rumah sakit. Untuk tiga lainnya isolasi mandiri di rumah masing masing," katanya.

Menurutnya, Gugus Tugas Covid-19 Labuhanbatu masih mendata dan memantau siapa saja orang yang terdekat dan berinteraksi dengan mereka selama beberapa pekan terakhir.

"Kami juga imbau siapa saja yang berinteraksi atau kontak langsung dengan pasien ini agar segera melapor ke Gugus Tugas Covid-19," ujar Kamal.


Editor : Donald Karouw