Lembu Milik Warga Desa Timbang Lawan Langkat Dimangsa Harimau

Stepanus Purba ยท Jumat, 09 April 2021 - 16:37:00 WIB
Lembu Milik Warga Desa Timbang Lawan Langkat Dimangsa Harimau
Lokasi lembu warga ditemukan mati setelah diserang harimau. (Foto: istimewa)

LANGKAT, iNews.id - Seekor lembu milik warga di Dusun VIII, Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Langkat ditemukan mati, Kamis (8/4/2021). Lembu milik warga bernama Hendro tersebut diduga mati setelah dimangsa seekor harimau Sumatera yang kerap mengintai ternak warga di Desa Timbang Lawan. 

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah V Bahorok, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) Palber Turni mengatakan pihaknya mendapatkan laporan terkait seekor lembu yang menjadi korban serangan harimau. Lembu seberat 70 kg tersebut ditemukan sejauh 200 meter dari kandang antiserangan harimau yang dibuat BBTNGL di Oktober 2019 lalu.

Dari hasil investigasi, kandang tersebut sudah tidak terawat sejak Hendro menjual lembu miliknya. Hendro sebelumnya menjual lembu tersebut pascaserangan harimau di bulan Mei 2020 lalu. 
 
"Saat terjadi konflik  di bulan Mei 2020, Hendro menjual lembunya. Kandang itu kemudian tidak dirawat dan kosong selama 11 bulan," katanya. 

Setelah itu, kandang tersebut kosong dan tidak terawat dan sudah tidak memiliki pintu, kandang itu digunakan olehnya. Dikandang yang tidak lagi memilik pintu tersebut, Hendro meletakkan satu ekor lembu miliknya sekitar seminggu yang lalu. 

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2