12.700 Pekerja Perhotelan dan Pariwisata di Sumut Terancam PHK Tanpa Pesangon

Ahmad Ridwan Nasution ยท Rabu, 06 Mei 2020 - 11:06:00 WIB
12.700 Pekerja Perhotelan dan Pariwisata di Sumut Terancam PHK Tanpa Pesangon
Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut Harianto Butar-Butar. (Foto : iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Sebanyak 12.700 pekerja sektor perhotelan dan pariwisata di Sumatera Utara (Sumut) dirumahkan akibat pandemi Covid-19. Selain itu, mereka juga terancam terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) tanpa pesangon.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut Harianto Butar-Butar mengatakan, pascapenutupan sejumlah layanan wisata di Sumut, 12.700 pekerja terpaksa dirumahkan.

"Pekerja yang dirumahkan bergerak di sektor perhotelan dan layanan di lokasi-lokasi wisata," Kata Harianto Butar-Butar, Rabu (6/5/2020).

Terkait pekerja di PHK tanpa pesangon, Harianto mengungkapkan, Pemprov Sumut mengimbau para pengusaha untuk tidak melakukan hal tersebut. Namun demikian, jika harus ada PHK, diminta para pengusaha agar memberi pesangon kepada pekerja.

"Kami imbau kepada para pengusaha untuk tidak melakukan PHK kepada para pekerja sampai batas yang bisa ditalangi oleh para pengusaha. Namun jika terpaksa PHK, pengusaha wajib memberikan pesangon sesuai dengan aturan yang berlaku namun memperhatikan kondisi yang tengah terjadi," ucapnya.

Diketahui, sejumlah hotel dan lokasi wisata di Sumut ditutup sejak pandemi Covid-19. Penutupan membuat pengusaha perhotelan dan pariwisata terpaksa merumahkan karyawannya untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Editor : Stepanus Purba_block

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: