16 Gempa Bumi Landa Sumut-Aceh Sepekan Terakhir

Stepanus Purba ยท Senin, 06 Desember 2021 - 17:29:00 WIB
16 Gempa Bumi Landa Sumut-Aceh Sepekan Terakhir
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Shutterstock)

MEDAN, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mencatat sebanyak 16 gempa bumi melanda Aceh-Sumatera Utara (Sumut) selama sepekan terakhir. Gempa yang melanda kawasan tersebut didominasi magnitudo kecil. 

Koordinator bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan, Eridawati mengatakan, aktivitas gempa bumi yang terjadi dalam sepekan terakhir tersebut sebagian besar tersebar di sekitar Aceh dan Sumatera dengan aktivitas megathrust dan sebagian lagi akibat zona segmen besar Sumatera. 

"Gempa yang terjadi berdasarkan kedalamannya, gempa dangkal (di bawah 60 Km) terjadi sebanyak 13 kejadian dan menengah (kedalaman antara 60 km sampai dengan 300 km) sebanyak tiga kejadian," katanya, .

Sementara peneliti PGR 1 Balai Besar MKG Wilayah I Medan Marzuki Sinambela mengataka gempa yang terjadi didominasi magnitudo kecil dari 4.0 dengan kedalaman dangkal dan sangat lokal.

"Dari hasil catatan, hanya satu kejadian gempa bumi signifikan dan dirasakan di Sabang," katanya.

Dia juga menyampaikan imbauan agar tetap waspada dan tidak perlu panik jika terjadi getaran gempa dan tetap merespons dengan cepat informasi BMKG. 

Editor : Stepanus Purba_block

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: