270 Satwa Kebun Binatang Medan Kelaparan akibat Corona, Pengelola Buka Donasi

Stepanus Purba ยท Selasa, 28 April 2020 - 12:42 WIB
270 Satwa Kebun Binatang Medan Kelaparan akibat Corona, Pengelola Buka Donasi
270 ekor satwa yang ada di Kebun Binatang Medan (Medan Zoo) terancam kelaparan terdampak corona. (Foto: SINDOnews/ M Andi Yusri)

MEDAN,iNews.id - Wabah corona ternyata tidak hanya berdampak pada manusia namun terhadap satwa di kebun binatang. Saat ini, setidaknya ada 270 satwa koleksi Kebun Binatang Medan (Medan Zoo) terancam kelaparan lantaran kekurangan makananan.

PD Pembangunan Kota Medan selaku pengelola kebun binatang mengalami kesulitan keuangan sejak operasional ditutup untuk pengunjung akibat pandemi Covid-19. Pengelola saat ini bahkan membuka donasi untuk mencukupi kebutuhan makan ratusan satwa tersebut.

Direktur PD Pembangunan Kota Medan Putrama mengatakan, sejak ditutup pada Maret silam, praktis tak ada pendapatan dari tiket pengunjung. Sementara konsumi makanan ratusan satwa ini terus berjalan hingga berdampak pada kondisi keuangan.

"Kebun Binatang Medan selama ini hanya mengandalkan pendapatan dari retribusi tiket pengunjung," ujar Putrama saat dihubungi iNews.id, Senin (27/4/2020).

Dia menjelaskan, saat ini ada 270 ekor satwa di Kebun Binatang Medan. Terdiri atas berbagai unggas, mamalia, reptil dan satwa lainnya. Di antara satwa itu ada 16 ekor harimau yang mempertaruhkan hidup di tengah pandemi corona.

“Alhamdulillah kami mendapat bantuan 200 ekor ayam dari Kebun Binatang Gembira Loka,” katanya.

Putrama menuturkan, dalam sebulan operasional kebun binatang membutuhkan dana Rp100 juta untuk perawatan satwa. Biaya ini belum termasuk gaji pegawai yang kini telah dirumahkan.

Kendati demikian, dia mengungkapkan saat ini tidak ada satwa yang kelaparan. Pengelola tetap berupaya mencari dana operasional meski sampai kelimpungan. Karena itu sempat menggalang donasi melalui kalangan SKPD Kota Medan untuk kebutuhan makan ratusan satwa tersebut.

"Alhamdulillah tak ada binatang yang kelaparan. Pengelola Medan Zoo mereka cara seperti utang sana sini untuk makanan hewan. Dan di akhir April ini, kami coba menghimpun dana melalui koin untuk makanan satwa,” ucapnya.

Menurutnya, selama ini tidak ada APBD Kota Medan yang dianggarkan untuk Kebun Binatang Medan. Mereka sepenuhnya bergantung pada retribusi. Dengan kondisi ini, pengelola berharap ada solusi dari Pemkot Medan. Karena jika tidak, berbagai macam satwa ini  terancam kelaparan.

"Dari pemkot masih usahakan regulasinya, namun beberapa kali pertemuan belum ada kesepakatan. Nanti akan dibahas kembali,” kata Putrama.

Dia berharap pandemi Covid-19 ini cepat berakhir sehingga kebun binatang bisa beroperasi seperti biasa. Saat ini, Kebun Binatang Medan membuka donasi resmi untuk menolong satwa yang terancam kelaparan. Donasi bisa diserahkan atau dijemput langsung manajemen.


Editor : Donald Karouw