3 Kecamatan di Karo Terpapar Abu Vulkanis Gunung Sinabung, BPBD Lakukan Penyiraman

Stepanus Purba ยท Selasa, 02 Maret 2021 - 13:52:00 WIB
3 Kecamatan di Karo Terpapar Abu Vulkanis Gunung Sinabung, BPBD Lakukan Penyiraman
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali erupsi, Rabu (2/3/2021(. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Tiga kecamatan di Kabupaten Karo terpapar abu vulkanis erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Selasa (2/3/2021) pagi. Saat ini, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo melakukan penyiraman abu di tiga kecamatan tersebut. 

Pelaksana tugas (plt) Kepala BPBD Karo, Natanail Perangin-angin tiga kecamatan yang terpapar abu vulkanis Gunung Sinabung yakni Kecamatan Tiganderket, Kutabuluh dan Tigabinanga. Natanail mengatakan saat ini personel BPBD sudah berada di lokasi yang terpapar abu vulkanis untuk melakukan penyiraman. 

"Saat ini BPBD Karo bersama TNI-Polri sedang melakukan penyiraman abu vulkanis di salah satu kecamatan yang terdampak seperti di Tiga Binanga," ucapnya. 

Diketahuim gunung Sinabung hari ini tercatat dua kali mengalami erupsi. Erupsi pertama tercata pada pukul 06.42 WIB dengan tinggi kolom mencapai 2.000 meter. Kemudian erupsi kedua terjadi pukul 07.15 WIB dengan tinggi kolom mencapai 5.000 Meter

Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung.

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2