30 Pengunjung Pusat Perbelanjaan di Binjai Jalani Rapid Test, 3 Reaktif Covid-19

Muhamad Zainal Tanjung ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 20:15 WIB
30 Pengunjung Pusat Perbelanjaan di Binjai Jalani Rapid Test, 3 Reaktif Covid-19
Rapid test di Pusat Perbelanjaan modern Kota Binjai. (Foto: iNews/Muhammad Zainal Tanjung)

BINJAI, iNews.id – Tim Gabungan Gugus Tugas Covid 19 Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut) mengadakan rapid test di salah satu pusat perbelanjaan modern. Hasilnya, dari 30 peserta yang menejalani tes, tiga di antaranya dinyatakan reaktif Covid-19.

Kepala Rumah Sakit Umum Binjai, dr David yang memimpin kegiatan ini mengatakan, dua dari tiga warga reaktif Covid-19 tersebut merupkan suami istri. Sementara yang satunya merupakan lansia berusia 62 tahun.

“Tes ini dilakukan secara acak kepada pengunjung. Terkait temuan warga yang reaktif, kami akan melakukan isolasi dan swab test,” katanya, Minggu (17/5/2020).

Sementara salah satu warga yang reaktif Covid-19, Leriadi, mengaku mendukung langkah antisipasi penyebaran Covid-19 yang dilakukan tim dokter. Meski demikian, dia menolak untuk menjalani isolasi dikarenakan dia memiliki empat anak yang harus dinafkahi.

“Kalau mau diisolasi, pemerintah harus menanggung biaya keluarga yang ditinggalkan,” katanya.

Rencananya, ketiga warga tersebut akan diisolasi setelah menjalani tes lanjutan yang lebih akurat di laboratorium Covid-19 yang berada di Universitas Sumatera Utara.

Tim Gugus Tugas Penangulangan Covid-19 Kota Binjai terus melakukan tugas untuk memutus penyebaran virus ini. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang tidak membantu tugas tim karena masih terlihat banyak yang tidak memakai masker dan berkumpul di tempat keramaian.


Editor : Umaya Khusniah