75 Persen Kasus Covid-19 di Sumut Tersebar di Medan, Binjai dan Deliserdang

Antara ยท Jumat, 15 Mei 2020 - 18:16 WIB
75 Persen Kasus Covid-19 di Sumut Tersebar di Medan, Binjai dan Deliserdang
Sekdaprov Sumut R Sabrina. (Foto: Humas Pemprov Sumut)

MEDAN, iNews.id - Pemerintah Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara saling bersinergi dalam upaya mengatasi penyebaran pandemi Covid-19. Data gugus tugas, sebaran Covid-19 di tiga daerah ini mencapai lebih dari 75 persen kasus keseluruhan di Sumut.

"Kawasan ini sangat strategis mengingat jumlah penduduk dan aktivitasnya sangat tinggi. Karena itu kerja sama sangat penting dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di tiga daerah ini," ujar Sekdaprov Sumut R Sabrina di Medan, Jumat (15/5/2020).

Data penyebaran Covid-19 di Sumut, Medan dan Deliserdang menjadi yang tertinggi dibanding daerah lain di provinsi tersebut. Diharapkan, dengan mengontrol ketat ketiga daerah ini, jumlah kasus Covid-19 di Sumut bisa ditekan.

Sabrina menjelaskan, dalam pelaksanaannya, Pemprov Sumut bersama dengan Pemko Medan, Binjai dan Pemkab Deliserdang akan melaksanakan operasi masker di tiga daerah tersebut. Pemerintah akan membagikan masker secara gratis kepada seluruh masyarakat sebagai pengingat bila di luar rumah harus menggunakan memakainya. Operasi ini diperkirakan akan dilakukan selama tiga hari.

Setelah pembagian masker diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang tidak menggunakannya saat beraktivitas di luar ruangan. Bila edapatan ada yang melanggar, akan diberi sanksi tegas. Tanpa masker, masyarakat tidak diperbolehkan masuk ke pasar, supermarket, jalan raya dan tempat-tempat publik lainnya.

Selain masker, pemerintah juga akan memperbanyak fasilitas cuci tangan di tempat umum dan juga penerapan physical distancing.

Bukan hanya kepada masyarakat, Pemprov dan ketiga daerah ini juga sepakat menindak kafe-kafe yang tetap tidak mematuhi protokol kesehatan. Pengusaha kafe, tempat makan atau sejenisnya diminta untuk tidak memfasilitasi orang-orang berkumpul atau berkerumun.

"Setelah ketiga daerah ini berhasil akan kami lanjutkan lagi ke daerah lain di Sumut. Mudah-mudahan sebelum Lebaran ini sudah berakhir," katanya.


Editor : Donald Karouw