5 Ekor Burung Kuau Kerdil Sumatera Dilepasliarkan ke Hutan Barumun Padanglawas

Wahyudi Aulia Siregar · Selasa, 31 Agustus 2021 - 10:11:00 WIB
5 Ekor Burung Kuau Kerdil Sumatera Dilepasliarkan ke Hutan Barumun Padanglawas
BBKSDA Sumut melepasliarkan burung Kuau Kerdil Sumatera di Suaka Margasatwa Barumun, Padanglawas. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id  - Sebanyak lima ekor burung kuau kerdil sumatera (Polyplectron chalcurum), dilepas liarkan ke hutan di kawasan Suaka Margasatwa Barumun, Padanglawas, Sumatera Utara (Sumut). Burung endemik Sumatera yang kini tercatat sebagai hewan liar terancam punah itu terdiri atas tiga ekor jantan dan dua ekor betina. 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Kotapinang, Darmawan mengatakan burung yang mereka lepas liarkan itu merupakan hasil penyerahan dari Hermawan Willi, salah satu pemegang izin penangkar burung binaan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut. 

"Burung kuau kerdil sumatera ini merupakan salah satu jenis satwa endemik Sumatera yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi," kata Darmawan, Selasa (31/8/2021).

BBKSDA Sumut memberikan apresiasi kepada Hermawan Willi dan masyarakat atas partisipasinya dalam pelestarian satwa liar. Salah satunya dengan telah menyerahkannya satwa dilindungi ke BBKSDA Sumut. Dia berharap langkah tersebut semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan konservasi satwa liar khususnya satwa dilindungi. 

"Harapannya burung kuau kerdil sumatera yang kami lepas liarkan kemarin mampu bertahan hidup, beradaptasi dan berkembang biak di habitat alaminya. Sehingga terjaga populasinya di alam," ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: