5 Kecamatan di Sergai Banjir, 5.145 Rumah Terendam

Stepanus Purba · Sabtu, 28 November 2020 - 12:25:00 WIB
5 Kecamatan di Sergai Banjir, 5.145 Rumah Terendam
Banjir landa 5 Kecamatan di Sergai, Sabtu (28/11/2020). (Foto: istimewa)

SERGAI,iNews.id - Sebanyak lima kecamatan di Serdangbedagai, Sumatera Utara (Sumut) dilanda banjir, Sabtu (28/11/2020). Sedikitnya 5.145 rumah warga di lima kecamatan tersebut terendam air hingga ketinggian satu meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai, Hendry mengatakan, banjir tersebut diakibatkan sejumlah tanggul di Sergai jebol. Di antaranya tanggul Sei Belutu dan Sei Sibaro di Kecamatan Sei Bamban dan Tebingtinggi.

"Beberapa tanggul di Kecamatan Dolok Masihul, ditambah adanya air kiriman dari Kabupaten Simalungun," ucap Hendry, Sabtu (28/11/2020).

Dia mengatakan, banjir semakin diperparah dengan pasang mati di laut. Kondisi ini menyebabkan air tertahan dan melimpah ke permukiman warga di Kecamatan Sei Bamban, Tebingtinggi, Sipispis, Dolok Masihul, dan Sei Rampah.

Henry mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun sejumlah warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

BPBD Sergai bersama dengan TNI/Polri dan relawan sudah mendirikan posko di setiap desa dan kelurahan terdampak.

"Kami juga telah nenyalurkan sembako dan air mineral. Mendirikan dapur umum, mendirikan tenda di beberapa titik , menurunkan perahu fiber dan fortable, di lokasi tertentu, pelayanan kesehatan," ucapnya.

Editor : Stepanus Purba