60 Warga Medan Positif Corona, Akhyar Nasution Belum Pertimbangkan Ajukan PSBB

Stepanus Purba ยท Senin, 20 April 2020 - 10:28 WIB
60 Warga Medan Positif Corona, Akhyar Nasution Belum Pertimbangkan Ajukan PSBB
Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution meminta warganya yang tinggal di wilayah Jabodetabek untuk tidak mudik. (Foto: IST)

MEDAN, iNews.id - Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution belum akan mengambil langkah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), meski saat ini jumlah warga yang dinyatakan positif corona mencapai 60 orang. Dia baru akan mempertimbangkan penerapan PSBB jika penularan Covid-19 semakin besar.

"Saya masih yakin, jika kita semua mau bersatu menghadapi Covid-19, terutama dengan mengenakan masker dan melaksanakan semua protokol kesehatan yang telah disampaikan, penyebaran virus corona di Kota Medan dapat Diputus," ujar Akhyar optimistis, Senin (20/4/2020).

Untuk menekan penularan Covid-19, Akhyar telah menurunkan tim yang gencar menyosialisasikan penggunaan masker saat berada di ruang publik, serta tim penertiban ke sejumlah lokasi rawan perkumpulan, seperti kafe, rumah makan, tempat hiburan serta pusat perbelanjaan.

"Penyebaran Covid-9 harus kita putus sehingga tidak semakin meluas. Salah satunya dengan mewajibkan warga memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah," katanya.

Mereka yang sudah terpapar Covid-19, maka percikan ludahnya saat berbicara, bersin maupun buang ludah sudah mengandung virus. Untuk menghindari terjadinya penularan, penting memakai masker sehingga ada filter yang melindungi wajah dan hidung agar virus itu tidak masuk ke tubuh dan menyebar ke yang lain.

"Dengan mengenakan masker, insya Allah dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19. Atas dasar itulah untuk menyelamatkan masyarakat, maka pemerintah mewajibkan penggunaan masker, terutama saat berada di luar rumah," ucapnya.

Selain mengenakan masker, Akhyar pun tak bosan-bosannya mengajak seluruh warga untuk selalu mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir ataupun hand sanitizer. Dengan rajin membersihkan tangan, maka virus yang menempel akan mati sehingga tidak dapat masuk ke tubuh melalui mulut ataupun hidung.

"Hindari menyentuh wajah, terutama mulut, hidung dan mata sebelum mencuci tangan," katanya.

Di samping itu, Ahyar mengimbau agar menghindari berada di tempat keramaian.

 "Jika pun harus berada di pusat keramaian, selalu jaga jarak (physical distancing) minimal 1,5 meter," ujarnya.

Diketahui, berdasarkan update terbaru yang dirilis akun media sosial Pemkot Medan, jumlah pasien yang positif corona di Kota Medan berjumlah 60 orang. Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 234 orang, sedangkan ODP 761 orang.


Editor : Donald Karouw