700 Kios Pakaian Bekas Pasar TPO Tanjung Balai Ludes Terbakar, Kerugian Miliaran

Stepanus Purba ยท Selasa, 26 November 2019 - 11:17:00 WIB
700 Kios Pakaian Bekas Pasar TPO Tanjung Balai Ludes Terbakar, Kerugian Miliaran
Suasana di lokasi kebakaran saat api melalap 700 kios pakaian bekas di Pasar TPO Tanjung Balai. (Foto: istmewa)

TANJUNGBALAI, iNews.id – Penyelidikan penyebab kebakaran di Pasar TPO masih terus dilakukan petugas Polres Tanjung Balai. Update sementara, total ada 700 unit kios pedagang pakaian bekas yang ludes dilalap api. Sementara nilai kerugian, ditaksir mencapai miliaran rupiah.

"Penyebab kebakaran sampai saat ini masih dalam penyelidikan. Hasil pendataan, ada 700 kios penjualan baju bekas yang hangus," ujar Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira, Selasa (26/11/2019).

Dia menjelaskan, hasil olah TKP dan keterangan saksi diketahui jika api mulai membakar bagian belakang Pasar TPO pukul 00.02 WIB dinihari. Dinding kios yang banyak terbuat dari papan kayu, ditambah dengan barang dagangan berupa pakaian, menyebabkan api dengan cepat menyebar.

Bahkan, armada pemadam kebakaran (damkar) milik Pemkot Tanjung Balai yang datang beberapa saat setelah terjadinya kebakaran, tidak mampu menjinakkan kobaran api.

Pengakuan para pedagang, peristiwa ini serupa dengan kejadian pada 24 Januari 2016 solam. Ketika itu api melalap ratusan kios di lokasi yang sama.

"Ini yang kedua kali. Dulu juga pernah terjadi. Kios saya habis terbakar, rata sama tanah," kata pemilik kios Syarifuddin, Selasa (26/11/2019).

Sebelumnya, kebakaran melanda Pasar TPO yang berlokasi di Kelurahan Matahalasan, Kota Tanjung Balai pada Selasa (26/11/2019) dini hari. Kobaran api melalap kios bagian belakang pasar yang berbatasan langsung dengan permukiman warga. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.


Editor : Donald Karouw