8 Kader Jadi Tersangka Kasus Suap Gatot, Ini Respons Ketua DPD Partai Demokrat Sumut

Stepanus Purba · Jumat, 31 Januari 2020 - 14:13:00 WIB
8 Kader Jadi Tersangka Kasus Suap Gatot, Ini Respons Ketua DPD Partai Demokrat Sumut
Partai Demokrat. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan tersangka terhadap 14 anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) periode 2009-2014 atas kasus suap yang menjerat mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho. Dari ke-14 nama, delapan di antaranya merupakan anggota sekaligus mantan anggota DPRD Sumut dari fraksi Partai Demokrat.

Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Heri Zulkarnaen tak menampik hal tersebut. Kendati demikian, dia menegaskan jika saat ini yang masih kader Demokrat hanya menyisakan 4 nama.

"Yang masih kader kami itu Jamaluddin, Nurhasanah, Layari Sinukaban dan Megalia Agustina. Kalau Rahmad Pardamean Hasibuan, Ida Budi Ningsih, Robert Nainggolan dan Ramli sudah bukan lagi kader Demokrat," ujar Heri, Jumat (31/1/2020).

Dia menegaskan, soal masalah hukum tersebut, Partai Demokrat tidak akan melindungi para kader maupun eks kader yang terlibat kasus suap Gatot Pujo Nugroho.

"Kami tidak akan menghambat proses pemeriksaan KPK untuk nama-nama itu," katanya.

Sebelumnya, KPK menetapkan 14 tersangka baru, anggota DPRD Sumut periode 2004-2009 dan atau 2009-2014. Ke-14 tersangka baru tersebut diduga menerima fee dengan jumlah yang beragam dari Gatot Pujo Nugroho terkait pelaksanaan fungsi dan wewenang sebagai anggota DPRD Provinsi Sumut. Penyidik mendapatkan fakta-fakta yang didukung dengan alat bukti berupa keterangan saksi, surat dan barang elektronik.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: