Akhyar Positif Covid-19, Dinkes Kota Medan Tracing Kontak Erat

Ahmad Ridwan Nasution ยท Rabu, 05 Agustus 2020 - 14:01 WIB
Akhyar Positif Covid-19, Dinkes Kota Medan Tracing Kontak Erat
Kepala Dinkes Kota Medan Edwin Effendi memberikan keterangan terkait kondisi Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Rabu (5/8/2020). (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Dinas Kesehatan Kota Medan akan melakukan tes swab terhadap kontak erat Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution yang dinyatakan positif Covid-19. Sejumlah orang yang akan menjalani tes, yakni semua aparatur sipil negara (ASN) yang mendampingi Akhyar dalam menjalankan tugas.

"Tracing dengan kontak erat dengan wali kota akan dilakukan tes swab yang bersamaan kegiatan dengan wali kota, termasuk dari protokol dan ajudan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi di Medan, Rabu (5/8/2020).

Sementara itu, istri dan anak Akhyar Nasution juga sudah menjalani tes swab. Hasil pemeriksaan, istri dan anak Akhyar dinyatakan negatif Covid-19.

"Keluarga sudah dilakukan swab dan hasilnya negatif," ucapnya.

Diketahui, Akhyar Nasution dirawat di Rumah Sakit (RS) Royal Prima Medan setelah dinyatakan positif Covid-19. Meskipun positif, kondisi kesehatan Akhyar stabil dan dalam pengawasan tim dokter.

"Kondisi bapak Plt Wali Kota secara umum baik, stabil, dan terkendali. Kondisi umum yang dimaksud yakni tekanan darah, pernapasan dalam keadaan batas-batas normal," kata Edwin.

Edwin mengatakan saat ini kondisi kesehatan kondisi kesehatan Akhyar langsung dipantau tim dokter khusus. Selain itu, sejumlah langkah-langkah medis sudah diambil dalam rangka penanganan kesehatan plt wali kota Medan.

"Kita berharap dengan kondisi yang ada saat ini, pak Wali Kota segera sembuh dan dapat beraktivitas seperti biasanya," ucap Edwin.


Editor : Stepanus Purba