Aktivitas Berangsur Normal, Konsumsi BBM di Sumut Periode Juni Mulai Naik

Antara ยท Kamis, 11 Juni 2020 - 14:38 WIB
Aktivitas Berangsur Normal, Konsumsi BBM di Sumut Periode Juni Mulai Naik
Ilustrasi petugas operator di SPBU. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Permintaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Sumatera Utara (Sumut) bergerak naik didorong mulai banyaknya aktivitas masyarakat yang berlangsung normal. Konsumsi BBM pada Juni tercatat 4,1 juta liter per hari atau lebih tinggi dibandingkan periode Mei yang rata-rata 4 juta liter per harinya.

“Rata-rata harian konsumsi BBM jenis premium, pertalite dan perta series di Sumut pada Juni 2020 meningkat empat persen dibandingkan Mei," ujar Unit Manager Communication Relation and CSR PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Roby Hervindo di Medan, Kamis (11/6/2020).

Bahkan katanya, konsumsi BBM jenis diesel (Biosolar, Dexlite dan Dex) meningkat lebih tinggi atau sebesar 13 persen. Permintaan BBM jenis diesel itu mencapai 2,3 juta liter per hari pada Juni dari posisi Mei 2020 sekitar 2 juta liter per harinya.

"Meski mulai naik, manajemen menjamin bisa melayani konsumen dengan maksimal karena stok aman," katanya.

Stok BBM yang tersedia di terminal Pertamina mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Sumut hingga 35 hari ke depan. Pertamina juga tetap menjalankan protokol kesehatan di SPBU untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan menugaskan petugas operator menggunakan pelindung wajah. Selain itu mengatur posisi berdiri konsumen ketika mengisi BBM dalam jarak minimal satu meter.

"Kami optimistis permintaan BBM akan naik lagi dan Pertamina tetap menjamin keamanan stok," ujar Roby.


Editor : Donald Karouw