Antisipasi Amukan Harimau, Warga Padanglawas Berjaga Siang Malam

Stepanus Purba, Liansah Rangkuti ยท Senin, 27 Mei 2019 - 12:57 WIB
Antisipasi Amukan Harimau, Warga Padanglawas Berjaga Siang Malam
Harimau Sumatera memasuki perkampungan warga. (Foto: AFP).

PADANGLAWAS, iNews.id - Masyarakat Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padanglawas didampingi TNI dan Polri menjaga kampung siang dan malam hari. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi amukan harimau yang sempat menerkam warga.

Warga Desa Tangga Siraisan, Kecamatan Sosopan, M Sutan mengatakan, masyarakat didampingi TNI dan kepolisian juga akan menggelar ronda malam.

"Kegiatan ini untuk berjaga-jaga, khawatir amukan harimau terjadi lagi," kata Sutan kepada iNews di Desa Tangga Siraisan, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padanglawas, Sumatera Utara (Sumut), Senin (27/5/2019).

Sebelumnya seorang warga, Faisal (45), nyaris tewas setelah diterkam harimau. Insiden ini terjadi di depan rumah korban usai berbuka puasa pada Minggu (26/5/2019) malam.

Warga menduga harimau yang menyerang korban merupakan hewan buas yang pernah memangsa korban lainnya, almarhum ASH, warga Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas beberapa waktu lalu.

Selain itu, harimau tersebut juga sudah kerap kali keluar masuk perkampungan warga. Sekitar dua bulan lalu, binatang ini disebut pernah menyerang hewan ternak mereka.

Warga Desa Pagaranbira Jae, Kecamatan Sosopan, Hotman mengatakan, kasus ini sudah diinformasikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padanglawas. Selain TNI dan Polri, petugas dari BKSDA juga akan datang mengecek ke lokasi perkampungan warga.

"Harimau liar itu nanti akan diburu supaya tidak meresahkan warga," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal