Antisipasi Penyebaran Omicron, Berikut Permintaan Menko Luhut kepada Kepala Daerah

Rico Afrido Simanjuntak · Senin, 17 Januari 2022 - 17:08:00 WIB
Antisipasi Penyebaran Omicron, Berikut Permintaan Menko Luhut kepada Kepala Daerah
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta seluruh kepalada daerah untuk mempercepat vaksinasi dan meningkatkan protokol kesehatan di wilayah masing-masing. Langkah ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omocron di Indonesia. 

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan saat ini pemerintah terus mendorong pelaksanaan vaksinasi dosis kedua untuk umum khususnya lanjut usia (lansia). Dorongan itu dikhususkan kepada daerah yang capaian vaksinasinya di bawah 70 persen. 

"Pak Menko sudah memohon khusus kepada seluruh kepala daerah dan pimpinan wilayah di daerah-daerah yang dosis dua umum dan lansia masih di bawah 70 persen untuk mempercepat vaksinasi supaya memberikan perlindungan terhadap varian Omicron," kata Jodi, Senin (17/1/2022). 

Selain itu, pemerintah terus menyiapkan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 seperti akselerasi vaksin booster bagi seluruh masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah Jabodetabek dan penegakan protokol kesehatan yang lebih masif. 

"Persyaratan masuk ke tempat publik akan diperketat, hanya yang sudah vaksinasi dua kali dapat beraktivitas di tempat publik. Namun, langkah-langkah preventif dari kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan merupakan kunci utama menekan laju penyebaran kasus ini," katanya.

Diketahui, kasus positif Covid-19 varian Omicron di Tanah Air mencapai 748 orang per Sabtu, 15 Januari. 

Editor : Stepanus Purba_block

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: