Banjir Rob Landa Medan, Sehari 2 Kali Rumah Warga Terendam

Rusli HR ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 19:45:00 WIB
Banjir Rob Landa Medan, Sehari 2 Kali Rumah Warga Terendam
Banjir rob menggenangi ruas jalan di Medan Utara, Kota Medan. Banjir merendam ribuan rumah warga. (Foo: iNews/Rusli HR)

BELAWAN, iNews.id - Ribuan rumah di wilayah Medan Utara, Kota Medan terendam pasang air laut atau banjir rob. Dalam sehari, banjir merendam rumah-rumah warga pada siang dan dini hari.

Banjir pasang air laut yang sudah terjadi sepekan terakhir itu melanda beberapa wilayah yakni, Kecamatan Medan Belawan, Jalan Young Panah Hijau Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, dan jalan Khaidir Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan.

Warga Bagan Deli, Nurdin (69) mengatakan, pasang air laut ini kadang tiba malam hari maupun siang hari sehingga meresahkan warga yang terkena musibah pasang air laut tersebut.

“Dalam sepekan ini, banjir dua kali merendam rumah yakni subuh pukul 04.00 dan pukul 1 siang,” katanya, Minggu (18/10/2020).

Warga Bagan Deli ini mengatakan, dulu sebelum adanya penimbunan laut untuk pembuatan gudang-gudang oleh pihak pengusaha, air pasang tidak sampai masuk kerumah.

Namun sekarang setelah adanya penimbunan laut  (reklamasi) serta penimbunan untuk pembangunan gudang maupun tempat penumpukan petikemas, setiap pasangair laut air mengalir masuk hingga kerumah-rumah warga.

Hal yang sama juga disampaikan Rini (58). Ibu rumah tangga di berharap pemerintah segera bersikap mengatasi banjir rob yang kini selalu merendam rumah warga.

“Saya dari kecil tinggal di sini. Kalau dulu rob tidak sampai masuk rumah, sekarang malah dua kali tiap hari,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki