Banyak Orang Batak Buka Usaha Tambal Ban, Ini Sebabnya

Nani Suherni ยท Selasa, 08 November 2022 - 13:02:00 WIB
Banyak Orang Batak Buka Usaha Tambal Ban, Ini Sebabnya
Banyak Orang Batak Buka Usaha Tambal Ban, Ini Sebabnya (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Banyak orang batak buka usaha tambah ban di sejumlah daerah. Kehadiran mereka tentu sangat membantu pengendara motor dan mobil yang bannya bocor.

Batak merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. Keberadaannya tidak hanya ditemukan di Sumatera Utara (Sumut) tetapi juga di seluruh provinsi Indonesia.

Dikutip dari situs pertukaran pengetahun Quora yang dibagikan akun Basri W Pakpahan menjelaskan alasan kenapa banyak orang Batak yang membuka usaha tambal ban. Basri mengatakan, tulisannya itu merupakan hasil wawancara dengan wiraswasta yang bergerak di sektor tambal ban di daerah Ibu Kota Bandar Lampung. 

Hasil wawancara itu digunakan sebagian syarat  UAS Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. Dalam hasil wawancaranya, disimpulkan jika orang Batak itu pekerja keras.

Orang batak juga ingin jadi tuan bagi dirinya. Sehingga mereka jarang ada yang bekerja dengan orang lain dan memilih membuka usaha.

Lalu kenapa dengan orang Batak buka usaha tambal ban? 

Tambal ban menjadi bisnis sederhana dengan penghasilan lumayan. Bahkan, pekerjaan ini tidak dibutuhkan banyak keahlian. Pemilihan usaha tambal ban cukup rasional bagi orang Batak yang merantau tetapi tidak banyak keahlian.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: