BMKG Pasang Alat Pendeteksi Gempa dan Tsunami di Kantor Bupati Labuhanbatu

Antara ยท Senin, 29 Juni 2020 - 19:02 WIB
BMKG Pasang Alat Pendeteksi Gempa dan Tsunami di Kantor Bupati Labuhanbatu
Ilustrasi BMKG. (Foto: Istimewa)

LABUHANBATU, iNews.id - BMKG Deliserdang memasang instalasi Smart Display Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) di Kantor Bupati Labuhanbatu, Senin (29/6/2020). Alat ini berfungsi sebagai pendeteksi dini gempa dan tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Deliserdang Teguh Rahayu mengatakan, WRS New Gen memiliki fitur-fitur yang inovatif dan interaktif sebagai perangkat dalam sebaran informasi dini gempa bumi dan tsunami.

"Smart Display WRS New Gen di Labuhanbpatu sudah terpasang dan beroperasi dengan baik," katanya.

Dia mengungkapkan, sebagai upaya percepatan diseminasi informasi gempa bumi dan tsunami kepada seluruh stakeholder di daerah, diperlukan koordinasi dan kerja sama yang baik antarkelembagaan untuk penanganan bencana.

"Sehingga memberikan manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat Indonesia dari bencana," ucap Teguh.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Ahmad Mulfi yang menerima langsung peralatan WRS New Gen memberikan apresiasi kepada BMKG.

Dia menyampaikan, dengan adanya alat ini maka formasi penyebaran gempa bumi dan tsunami secara real time untuk mengambil langkah penting selanjutnya.

"Tentunya ke depan diharapkan jika terjadi gempa bumi, kita semua akan cepat mendeteksi dan tentunya dapat mengurangi dampak korban jiwa," ujarnya.


Editor : Donald Karouw