Bobby Nasution Alokasikan Rp35 Miliar Pembebasan Lahan 3 Sungai di Medan

Antara ยท Senin, 13 September 2021 - 14:15:00 WIB
Bobby Nasution Alokasikan Rp35 Miliar Pembebasan Lahan 3 Sungai di Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

MEDAN, iNews.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyiapkan anggaran sebesar Rp35 miliar untuk pembebasan lahan tiga sungai di Kota Medan. Pembebasan tersebut untuk program normalisasi Sungai Bederah, Sungai Babura, dan Sungai Deli. 

"Kami sudah menyiapkan anggaran Rp35 miliar lebih untuk (pembebasan lahan) tiga sungai itu," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution, Senin (13/9).

Alokasi anggaran Rp35 miliar itu ditampung pada Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) tahun anggaran 2021. Ketiga sungai yang diproyeksikan untuk dilakukan normalisasi antara lain Sungai Bederah, Sungai Babura dan Sungai Deli. 

Bobby mengatakan program normalisasi ketiga sungai tersebut merupakan langkah untuk mengatasi banjir di Kota Medan. Dia menyebutkan proses normaliasi yang pertama dilakukan yakni Sungai Deli. Pemilihan sungai tersebut berdasarkan kajian dari konsultan.

"Kemarin kami baru rapat dengan provinsi dan BWS, ini ada tiga sungai yang ditetapkan, kemungkinan yang dikerjakan pertama kali Sungai Deli. Ini memungkinkan yang dikerjakan pertama kali tahun ini," ucapnya. 

Sedangkan untuk normalisasi Sungai Bederah, kata dia, akan juga melibatkan Pemkab Deliserdang. Sebab, hilir sungai tersebut ada di wilayah Deliserdang.

"Ini sudah kami komunikasi juga. Kemarin provinsi akan mendudukkan Deliserdang, kalau ini sudah dikerjakan mohon dihilir dikerjakan, kami sudah siap," katanya.

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: