Bobby Nasution Ancam Tutup Rumah Sakit yang Kenakan Biaya ke Pasien Covid-19

Wahyudi Aulia Siregar ยท Kamis, 05 Agustus 2021 - 16:34:00 WIB
Bobby Nasution Ancam Tutup Rumah Sakit yang Kenakan Biaya ke Pasien Covid-19
Wali Kota Medan Bobby Nasution. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

MEDAN, iNews.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengancam akan menutup rumah sakit yang mengenakan biaya kepada keluarga maupun pasien Covid-19. Ancaman itu disampaikan Bobby saat meninjau isolasi lingkungan 23, Jalan Nilam Simalingkar, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Kamis (5/8/2021).

Bobby meminta seluruh RS mematuhi aturan terkait penanganan pasien Covid-19. Salah satu aturannya menyatakan pendanaan penanganan pasien Covid-19 seluruhnya ditanggung pemerintah.

Jika ada rumah sakit yang meminta biaya atas penanganan pasien Covid-19, sudah pasti itu merupakan pungli dan melanggaran aturan. 

"Kalau ada rumah sakit yang minta biaya, itu akan kami tegur nanti. Kami akan lihat apa sudah ikuti peraturan. Jangan ambil kesempatan. Ini sudah jelas biayanya ditanggung pemerintah. Kalau nanti rumah sakit minta-minta uang, kalau perlu ditutup aja yang seperti itu, nggak bagus seperti itu malah menyulitkan masyarakat," kata Bobby.

Bobby mengatakan pembiayaan dalam penanganan pasien Covid-19 seluruhnya ditanggung pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. Bahkan, warga yang tidak masuk dalam kategori pembiayaan seperti orang tanpa gejala (OTG) akan ditanggung oleh Pemko Medan selama menjalani isolasi mandiri.

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: