Bobby Nasution Minta Normalisasi 3 Sungai di Medan Segera Dimulai

Stepanus Purba ยท Jumat, 10 September 2021 - 11:03:00 WIB
Bobby Nasution Minta Normalisasi 3 Sungai di Medan Segera Dimulai
Wali Kota Medan Bobby Nasution. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

MEDAN, iNews.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta proses normalisasi tiga sungai di Kota Medan untuk segera dimulai. Ketiga sungai yang akan dinormalisasi yakni Bedera, Babura dan Deli. 

Bobby berharap proses normalisasi ketiga sungai yang membelah Kota Medan tersebut bisa disegerakan. Saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Medan sudah menyiapkan anggaran pembebasan lahan yang terkena normalisasi. 

“Walau biasanya untuk pembebasan lahan untuk sungai ini dari pusat. Kalau ada anggaran dari Pemko Medan, pusat bisa keluarkan anggaran lebih besar lagi. Sekarang kami sudah siapkan anggaran untuk pembebasan lahan,” kata Bobby Nasution.

Bobby mengatakan anggaran yang disiapkan Pemko Medan saat ini sebenarnya tidak terlalu signifikan untuk menyelesaikan pembebasan lahan. Namun anggaran tersebut disiapkan sebagai bentuk komitmen. 

"Ini menunjukkan komitmen Pemko Medan,” ujarnya.

Bobby Nasution juga meminta pihak BWS Sumatera II dapat memberikan gambaran progres pekerjaan yang akan dicapai dengan ketersediaan anggaran, baik dari Pemko Medan, Pemprov Sumut, maupun pusat. 

“Dengan anggaran itu berapa persen yang bisa dikerjakan, berapa persen pula berkurangnya cakupan wilayah yang terkena banjir,” ujarnya.

Bobby Nasution juga mengatakan, efek dari pekerjaan perlu dikaji dan dijadikan landasan memilih salah satu dari ketiga sungai yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: