Buntut Ricuh Pembubaran Jaran Kepang di Medan, Warga Akan Laporkan Laskar FUI

Ahmad Ridwan Nasution ยท Kamis, 08 April 2021 - 16:22:00 WIB
Buntut Ricuh Pembubaran Jaran Kepang di Medan, Warga Akan Laporkan Laskar FUI
Tangkapan layar oknum Laskar FUI setelah meludahi warga saat membubarkan paksa kesenian jaran kepang di Kota Medan. (Foto: MNC Porrtal/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id – Warga Jalan Merpati, Kelurahan Sei Sikambing, Kota Medan akan melaporkan oknum Laskar Forum Umat Islam (FUI) yang diduga memukul dan meludahi warga saat membubarkan paksa pertunjukan jaran kepang pada Jumat (2/4/2021) lalu. 

Pembubaran paksa yang berujung bentrokan antara FUI dengan warga itu terekam video amatir dan viral di media sosial. Dalam video tersebut, tampak arogansi oknum Laskar FUI mulai dari adu mulut, meludahi hingga pemukulan.

Dalam video tersebut, tampak sekelompok orang berseragam ormas keagamaan langsung mendatangi acara jaran kepang dan membubarkan kegiatan dengan alasan tidak adanya izin dan dianggap syirik.

Salah satu anggota ormas belakangan diketahui merupakan kepala lingkungan.

Warga Jalan Merpati, Widya mengaku tiba-tiba diludahi saat beradu mulut dengan oknum ormas tersebut.

“Saya ditanya orang mana kau. Saya jawab saya warga sini, terus orang itu langsung meludahi muka saya,” katanya, Kamis (8/4/2021). 

Widya mengaku tidak terima dengan tindakan arogansi yang dilakukan oknum ormas tersebut. “Kan bisa dengan cara baik-baik, pasti warga dan acara jaran kepang juga akan bubar,” ucapnya.

Pemain jaran kepang, Eka menyesalkan tindakan arogansi kepling yang dengan membawa ormas untuk membubarkan kegiatan mereka.

“Kegiatan jaran kepang ini disebut syirik, padahal kesenian ini sudah ada dari sejak nenek moyang dulu. Kesenian ini untuk pelestarian budaya dan merupakan kegiatan penutup sebelum Bulan Ramadan,” katanya.

Pemain jaran kepang dari Sanggar Langen Budoyo itu pun mengaku akan mengadukan masalah tersebut ke polisi. “Ya, kita akan adukan masalah ini ke polisi untuk cari solusinya,” ucapnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2