Bupati Labuhanbatu Tersangka, Wabup Andi Suhaimi Jadi Pelaksana Tugas

Stepanus Purba ยท Rabu, 25 Juli 2018 - 17:01 WIB
Bupati Labuhanbatu Tersangka, Wabup Andi Suhaimi Jadi Pelaksana Tugas
Wabup Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe (dua kiri) melakukan salam komando dengan Pj Gubernur Sumut Eko Subowo, Rabu (25/7/2018). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Wakil Bupati (Wabup) Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe resmi ditunjuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Penunjukkan itu berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.12/5084/SJ, tertanggal 23 Juli 2018 dan Surat Gubernur Sumatera Utara Nomor 005/7458, tanggal 24 Juli 2018.

Andi Suhaimi mulai hari ini menjabat Plt Bupati Labuhanbatu menyusul telah ditetapkannya Bupati Pangonal Harahap sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkab Labuhanbatu.

Surat keputusan penunjukan sebagai Plt Bupati Labuhanbatu itu Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu diserahkan langsung Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo, di Ruang Kerja Gubsu Lt X Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan, Rabu (25/7/2018).


Eko Subowo menjelaskan, penunjukan Andi Suhaimi Munthe sebagai Plt Bupati Labuhanbatu merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 65 ayat 3. Dalam pasal itu disebutkan, kepala daerah yang sedang menjalani tahanan dilarang melaksanakan tugas dan kewenangannya, kemudian Pasal 66 menyebutkan bahwa wakil kepala daerah melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah apabila yang bersangkutan menjalani masa tahanan atau berhalangan sementara.

"Jadi, secara resmi Wakil Bupati Labuhanbatu bertugas atau melaksanakan tugas sebagai Plt Bupati Labuhanbatu untuk kelanjutan keberlangsungan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu. Tadi juga saya sudah menjelaskan beberapa tugas-tugas Plt Kepala Daerah," ujar Eko Subowo.

Eko pun memberikan pesan khusus kepada Plt Bupati Labuhanbatu untuk waspada terhadap area rawan korupsi dan juga menghindarkan diri dari tindakan-tindakan yang potensial terhadap korupsi.

Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengelola dan melaksanakan roda pemerintahan di Kabupaten Labuhanbatu yang lebih baik lagi.

Andi Suhaimi juga mengingatkan diri dan para pejabat di Kabupaten Labuhanbatu untuk senantiasa menghindarkan diri dari tindakan-tindakan yang tidak diinginkan. "Semoga Allah selalu melindungi kita dan saya bersama keluarga saya insyaallah akan menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan sebagus-bagusnya. Saya sebagai Plt Bupati Labuhanbatu akan membangun Kabupaten Labuhanbatu ke arah yang lebih baik," ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki