Bupati Madina: Presiden Tidak Menyetujui Pengunduran Diri Saya

Ahmad Husein Lubis ยท Senin, 22 April 2019 - 18:36 WIB
Bupati Madina: Presiden Tidak Menyetujui Pengunduran Diri Saya
Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution menyampaikan alasannya mengundurkan diri dari jabatannya dalam vlog yang beredar di media sosial, Senin (22/4/2019). (Foto: iNews/Ahmad Husein Lubis)

MANDAILING NATAL, iNews.id – Bupati Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), Dahlan Hasan Nasution mengisyaratkan tidak jadi mengundurkan diri karena surat permohonannya ditolak oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Capres petahana itu menyampaikan penolakannya pada rencana Dahlan lewat sambungan telepon.

Dahlan mengatakan, Presiden melalui pembicaraan di telepon pada Minggu malam (21/4/2019), meminta Dahlan tidak mundur dari jabatannya. Sebagai capres petahana, Jokowi menerima hasil Pilpres 2019 pada 17 April di Madina dengan lapang dada meskipun tak sesuai dengan yang diharapkan.

“Perlu saya sampaikan bahwa Bapak Presiden tidak menyetujui pengunduran diri saya tersebut,” kata Dahlan dalam video blog (vlog)-nya di media sosial yang beredar hari ini.

Dahlan mengatakan, dengan penolakan Presiden pada permohonan pengunduran dirinya sebagai bupati Madina, dia akan mengikuti saran dan perintah tersebut.

“Nah oleh karena itu, saya minta agar semuanya menahan diri. Bagaimana pun juga, Bapak Presiden selaku pimpinan tertinggi di negara ini harus didengarkan, apa saran-saran beliau, apa perintah beliau,” katanya.


Diketahui, Dahlan menandatangani surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi pada Kamis, 18 April 2019 lalu. Sebagaimana dalam suratnya kepada Presiden, dia mundur karena kecewa dengan hasil Pemilu Presiden (Pilpres) pada 17 April lalu.

Di luar harapan, perolehan suara Jokowi-KH Ma'ruf Amin kalah telak dibandingkan dengan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Sementara Jokowi selama ini dinilai telah banyak memperhatikan Madina.

“Sebenarnya yang melatarbelakangi saya adalah rasa tanggung jawab yang tinggi. Sebagaimana kita ketahui bahwa Pak Presiden itu cukup banyak memperhatikan Mandailing Natal,” ujarnya.

Penasihat hukum Pemkab Madina Ridwan Rangkuty juga meminta warga tidak lagi berpolemik terkait surat pengunduran diri bupati lantaran hasil pilres tak sesuai harapan. Bupati Madina sudah menyampaikan alasan pengunduran dirinya dan Presiden Jokowi sudah langsung memintanya untuk tidak mengundurkan diri.


Editor : Maria Christina