Curah Hujan Tinggi, 400 Rumah di Sei Rempah Serdang Bedagai Terendam Banjir

Wahyu Rustandi ยท Senin, 14 September 2020 - 07:17:00 WIB
Curah Hujan Tinggi, 400 Rumah di Sei Rempah Serdang Bedagai Terendam Banjir
Banjir merendam 400 rumah di Kecamatan Sei Rempah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. (iNews.id/Wahyu Rustandi)

MEDAN, iNews.id - Curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir merendam 400 rumah di Kecamatan Sei Rempah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Sejumlah akses jalan juga terputus karena tergenang air hingga lutut orang dewasa.

"Sudah tiga hari banjirnya," kata salah satu warga korban banjir, Usman Lubis, Minggu (13/9/2020).

Menurutnya banjir yang menggenangi rumah warga ini akibat luapan air Sungai Rampah. Hujan yang terus menerus terjadi sejak Jumat (11/9/2020) membuat sungai tak mampu menampung air dan meluber ke rumah-rumah warga.

Dia mengatakan, aktivitas warga menjadi terganggu sejak banjir menggenangi desa mereka. Tak cuma rumah yang terendam banjir, sejumlah jalan untuk keluar-masuk desa juga terputus lantaran ketinggian air mencapai lutut orang dewasa tak bisa dilewati kendaraan bermotor.

Data yang dihimpun dari Polres Serdang Bedagai, ratusan rumah yang terendam banjir itu berada di Dusun I hingga Dusun Dusun VIII di Sei Rempah.

"Kami telah menurunkan perahu karet untuk membantu evakuasi warga dan membantu aktivtasi warga," kata Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robinson Simatupang.

Menurutnya kepolisian saat ini juga membantu menyalurkan logistik kepada warga yang terdampak banjir. Terutama bagi yang masih terjebak di rumah.


Editor : Reza Yunanto