Curi Motor Nmax dan Ninja, Pengangguran di Medan Ditembak Polisi

Stepanus Purba · Rabu, 08 April 2020 - 14:07:00 WIB
Curi Motor Nmax dan Ninja, Pengangguran di Medan Ditembak Polisi
Pelaku curanmor yang ditembak kedua kaki karena melawan saat pengembangan kasus. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Seorang anggota komplotan pencuri kendaraan bermotor (curanmor) yang kerap beraksi di wilayah Kota Medan dan Deliserdang ditangkap polisi. Pria pengangguran berinisial IM (39l) ini terpaksa ditembak pada kedua kakinya karena coba kabur dengan melawan petugas.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Ronny Nicholas Sidabutar mengatakan, penangkapan terhadap tersangka bermula dari penyelidikan atas laporan polisi pada 5 Februari 2020. Lokasi TKP pencurian di Jalan Utama Gang Sempurna, Kelurahan Kota Matsum II Kecamatan Medan Area.

"Dalam aksinya, pelaku mencuri dua unit motor milik korban, yakni Yamaha Nmax dan Kawasaki Ninja," ujar Ronny, Rabu (8/4/2020).

Hasil penyelidikan, polisi akhirnya mampu mengidentifikasi paea pelaku. Selanjutnya dilakukan penyergapan di sekitar rumah pelaku pada Senin (6/4/2020).

"Tersangka ditembak pada kedua kakinya karena melakukan perlawanan saat dilakukan pengembangan," kata Ronny.

Seusai dilumpuhkan, pelaku dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis.

"Dari pengembangan, pelaku mengaku beraksi bersama kedua rekannya. Mereka sudah lebih dulu ditangkap, yakni Ramadhan Dalimunhte alias Madan serta Ryan Steven alias Lao," katanya. 

Rony mengungkapkan, komplotan curanmor ini sudah lima kali beraksi. TKP pencurian yakni di Jalan Selamat Ketaren, Benteng Hilir, Pasar Merah, Menteng VII dan di jalanan protokol Kota Medan.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti satu unit motor Kawasaki Ninja milik korban, kunci letter T, kunci L, mata kunci T, gunting besi dan linggis. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman di atas 5 tahun kurungan penjara. 


Editor : Donald Karouw