Dewan Pengupahan Kota Medan Gelar Rapat Penetapan UMK Hari ini

Stepanus Purba ยท Rabu, 14 November 2018 - 11:59 WIB
Dewan Pengupahan Kota Medan Gelar Rapat Penetapan UMK Hari ini
Aksi demontrasi sejumlah elemen buruh di Sumatera Utara pascapenetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumatera Utara tahun 2019 beberapa waktu lalu. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Pasca penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumatera Utara Tahun 2019, Dewan Pengupahan Kota Medan dijadwalkan akan menggelar rapat penetapan Upah Minimum Kota (UMK) pada hari ini, Rabu (14/11/2018). Seperti diketahui, UMP Sumut 2019 ditetapkan sebesar Rp2.303.403 atau naik 8,03 persen dari tahun 2018.

Rapat penetapan UMK ini rencananya akan dihadiri langsung oleh sejumlah unsur terkait mulai dari Dinas Tenaga Kerja Kota Medan, Apindo, dan perwakilan kelompok pekerja dan buruh.

Ketua Dewan Pengupahan Kota Medan, Harun Sitompul saat dikonfirmasi iNews.id membenarkan hal tersebut. Menurutnya, penetapan UMK Medan akan dilakukan melalui rapat yang digelar siang ini.

“Hasil dari rapat ini nantinya akan diteruskan oleh Dewan Pengupahan Kota Medan kepada Gubernur Sumatera Utara untuk ditetapkan. Seusai dengan jadwal, Gubernur paling lambat menetapkan UMK tanggal 21 November nanti" kata Harun, Rabu (12/11/2018).

Disinggung mengenai besaran UMK yang akan ditetapkan nantinya, Harun mengatakan belum dapat menyimpulkan. Ini karena pihaknya masih melakukan pembahasan terkait kenaikan besaran upah. "Belum bisa, kan belum rapat. Nanti sesudah rapat dan sudah ada hasil pasti kita sampaikan," lanjut Harun.

Begitupun saat ditanya mengenai tuntutan buruh yang menginginkan kenaikan UMK Medan sebesar 25 persen atau berada di Rp3.140.000. Harun mengatakan, dewan pengupahan akan membahas soal tersebut.

"Saya tidak dapat memastikan kami dapat memenuhi keinginan buruh, karena dari aspek pengusaha juga harus didengarkan," ucapnya.


Editor : Himas Puspito Putra