Warga Karo Gotong Royong Sambut HUT RI di Tengah Pandemi Covid-19 dan Erupsi Sinabung

Stepanus Purba ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:07 WIB
Warga Karo Gotong Royong Sambut HUT RI di Tengah Pandemi Covid-19 dan Erupsi Sinabung
Warga Sukandebi, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo bergotong royong menyambut kemerdekaan HUT ke-75 RI, Jumat (14/8/2020). (Foto: istimewa)

KARO, iNews.id - Erupsi Gunung Sinabung dan pandemi Covid-19 tidak membuat semangat warga di Desa Sukandebi, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo berkurang menyambut HUT ke-75 RI. Salah satu cara warga untuk menyambut hari kemerdekaan dengan bergotong royong, Jumat (14/8/2020).

Masyarakat Desa Sukandebi baik pria dan wanita tampak bergotong royong membersihkan desa mereka. Selain membersihkan areal rumah masing-masing, warga juga membersihkan sejumlah fasilitas umum seperti gorong-gorong desa.

"Kegiatan ini dalam rangka menyambut 17 Agustus. Kita semua semangat meski lagi erupsi seperti ini," ucap Nurmiana Perangin-angin warga Desa Suka Ndebi.

Lanjut Nurmiana, meski sedang erupsi warga sekitar harap-harap cemas dalam kegiatan yang dilakukan tersebut.

"Cemas juga, takut, karena semua tanam-tanaman rusak. Kegiatan ini dilakukan oleh warga sekitar. Sekalian juga bersih-bersih abu Gunung Sinabung," ujar Nurmiana.

Sementara itu, warga lainnya, Heriko Tarigan mengatakan perayaan kemerdekaan di tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan perayaan kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 dan erupsi Gunung Sinabung.

"Tapi momen ini harus kita rayakan dengan menunjukkan semangat gotong royong. Semoga erupsi Gunung Sinabung dan pandemi ini cepat berlalu," ucapnya.

Diketahui, erupsi Gunung Sinabung hingga saat ini masih terus terjadi. Dari data yang dihimpun, sepanjang hari ini Gunung Sinabung sudah dua kali erupsi yakni pukul 04.00 WIB dan 07.00 WIB pagi tadi.


Editor : Stepanus Purba