Dinas Kesehatan Pastikan Belum Ada Kasus Omicron di Sumut

Antara ยท Rabu, 05 Januari 2022 - 16:39:00 WIB
Dinas Kesehatan Pastikan Belum Ada Kasus Omicron di Sumut
Ilustrasi Omicron. (Foto: Ilustrasi/Ist)

MEDAN, iNews.id - Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) memastikan belum ada kasus Covid-19 dengan varian Omicron yang ditemukan di Sumut. Sejauh ini, baru ada satu warga yang Sumut yang berasal dari Medan yang terpapar Omicron saat berada di Jakarta. 

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Ismail Lubis memastikan belum ada pasien positif Omicron yang dirawat di Sumut. 

"Belum ada, tidak ada di Sumut," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis, Rabu (5/1/2022).

Ismail mengatakan saat ini ada warga asal Medan yang masih dirawat di Jakarta karena sebelumnya terpapar Omicron di Jakarta. Saat ini pasien tersebut sudah dinyatakan negatif. 

Namun untuk langkah antisipasi, Dinas Kesehatan Sumut sudah melakukan tracing terhadap kontak erat pasien tersebut di Kota Medan. Sampel dari pemeriksaan kontak erat pasien tersebut sudah dikirimkan ke Balitbang Kesehatan di Jakarta. 

"Kami juga sudah mengirim surat ke seluruh kabupaten/kota di Sumut untuk mengirimkan sampel pasien Covid-19 ke Balitbang Kesehatan," ucapnya. 

Sementara terkait data Covid-19 di Sumut dalam sepekan terakhir masih landai. Saat ini  bed occupancy rate (BOR) rumah sakit di Sumut per 4 Januari 2021 jumlahnya nol. Begitu juga dengan pertambahan kasus per tanggal 4 Januari 2021, tercatat tidak ditemukan sama sekali adanya pasien Covid-19.

"Angka kasus kita nol, data kemarin ya. BOR kita pun nol. Insya Allah kita berikhtiar, kita berdoa perkembangan di COVID-19 di Sumut tetap melandai," ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba_block

Bagikan Artikel: