Edy Rahmayadi Kaji Kecocokan Penerapan Normal Baru di Sumut

Antara · Kamis, 28 Mei 2020 - 06:58 WIB
Edy Rahmayadi Kaji Kecocokan Penerapan Normal Baru di Sumut
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat pimpin rapat koordinasi rancangan anggaran penanganan Covid-19 beberapa waktu lalu. (Foto: Humas Pemprov Sumut)

MEDAN, iNews.id - Gubernur Edy Rahmayadi mengaku masih mengkaji pelaksanaan protokol kesehatan menuju tatanan normal baru. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan mengikuti apa yang menjadi program pusat.

“Kami akan ikuti, tapi sebelumnya akan pelajari terlebih dahulu apakah itu cocok bila diterapkan di Sumut," ujar Edy di Medan, Rabu (28/5/2020).

Program normal baru ini akan dilaksanakan di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota yang telah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sumut tidak termasuk satu di antara daerah yang akan melakukan uji coba penerapannya.

Selain itu, Edy menegaskan Pemprov Sumut saat ini masih mengkaji kemungkinan perpanjangan masa Tanggap Darurat Covid-19 yang akan berakhir pada Jumat (29/5/2020) besok. Begitu juga dengan masa belajar mandiri dari rumah untuk siswa setingkat SMA/SMK akan berakhir di tanggal yang sama.

“Saat ini sedang pengkajian sehingga kami mengetahui apa yang akan dilakukan, melanjutkan atau tidak. Tapi salah satu alternatif, kami akan lanjutkan hingga 7 Juni 2020. Selama vaksin ini belum ditemukan, kita akan menghadapi persoalan terus dengan corona,” katanya.


Editor : Donald Karouw