Edy Rahmayadi Minta Pasien Covid-19 di Rumah Dijemput, Pindah ke Isoter

Wahyudi Aulia Siregar · Senin, 21 Februari 2022 - 12:27:00 WIB
Edy Rahmayadi Minta Pasien Covid-19 di Rumah Dijemput, Pindah ke Isoter
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Abdul Aziz menjawab pertanyaan wartawan di Aula Tengku Rizal Nurdin. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menginstruksikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menjemput warga yang terpapar Covid-19 untuk menjalani isolasi di lokasi isolasi terpusat (isoter) yang disediakan pemerintah. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kluster keluarga akibat isolasi mandiri yang dilakukan di rumah.

"Tujuan isolasi terpusat ini kita buka, jadi pelan-pelan kita tidak memberlakukan isolasi mandiri, karena tidak efektif. Dia terkena Covid, dia isoman, rumahnya tidak siap, jadi satu dengan keluarga dan anak, obat tidak bisa terjangkau oleh dinas kesehatan dan puskesmas, segalanya ini sangat sulit," kata Edy Rahmayadi saat membuka kembali pusat layanan Isoter di Asrama Haji, Medan, Senin (21/2/2022).

Edy Rahmayadi menjelaskan, saat ini data yang menjalani isolasi mandiri mencapai 14.500 orang, sedangkan yang menjalani isolasi terpusat hanya 400 orang. Hal ini menurutnya memicu meningkatnya penyebaran Covid-19 klaster keluarga. Untuk pelaksanaan isoter tersebut, seluruh aparat diminta untuk memantau kondisi masyarakat.

"Untuk aparat kesehatan semua monitor, TNI dan satgas, babinsa, monitor. Ada yang terpapar informasikan, kadis kesehatan jemput pakai ambulans. Yang menjemput juga jangan sembarangan, gunakan APD, keselamatan kalian yang utama baru kalian membantu yang lain," ujarnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: