Edy Rahmayadi Sebut Stok Obat Covid-19 di Sumut Menipis

Stepanus Purba · Senin, 16 Agustus 2021 - 15:28:00 WIB
Edy Rahmayadi Sebut Stok Obat Covid-19 di Sumut Menipis
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Ketersediaan obat-obatan Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) saat ini semakin menipis. Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut masih menunggu pengiriman obat Covid-19 dari pemerintah pusat. 

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan saat ini stok obat-obat Covid-19 seperti Remdesivir, Actemra dan sejumlah obat-obatan lainny semakin menipis. Beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumut bahkan sudah kehabisa stik Covid-19.

“Yang kosong itu seperti Remdesivir, Actemra dan lain-lain namun untuk rumah sakitnya saya lupa nama dan daerahnya,” kata Edy Rahmayadi, Senin (16/8/2021). 

Edy mengatakan dia sudah meminta ke pemerintah pusat untuk segara memenuhi kebutuhan obat untuk pasien Covid-19 di Sumut. Hal tersebut sudah disampaikan dalam rapat virtual dengan sejumlah kementerian beberapa waktu lalu. 

“Saya sampaikan ke Menteri Kesehatan, Menko Perekonomian, mudah-mudahan dalam Minggu ini akan segera dipenuhi,” kata Edy Rahmayadi. 

Edy mengatakan saat ini pihaknya fokus untuk mengatasi penyebaran Covid-19 di Sumut. Salah satunya dengan mengurangi mobilitas masyarakat dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Sumut. 

“Apa pun nanti keputusannya, saya berharap virus Covid-19 ini berakhir," ucapnya. 

Edy meminta kepada masyarakat membantu pemerintah dalam penanganan virus Covid-19 dengan menjaga diri sendiri. Salah satunya, dengan mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker. 

“Menjaga diri sendiri yang paling utama itu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” ucapnya.

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: