Era Revolusi Industri 4.0, ASN Pemprov Sumut Diminta Tingkatkan Kemampuan Digital

Stepanus Purba · Senin, 06 Januari 2020 - 20:15 WIB
Era Revolusi Industri 4.0, ASN Pemprov Sumut Diminta Tingkatkan Kemampuan Digital
Sekda Pemprov Sumut R Sabrina saat menjadi pembina pada Apel Pagi Awal Tahun 2020, di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Senin (6/1/2020). (Foto: Dok.Humas Pemprov Sumut)

MEDAN, iNews.idPemprov Sumut terus berupaya meningkatkan keahlian sumber daya manusia (SDM) untuk menyikapi perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0. Salah satunya dengan membekali aparatur sipil negara (ASN) di bidang digital.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina mengatakan, perkembangan zaman tidak bisa dihindari. Karena itu, ASN harus segera berbenah dengan meningkatkan kemampuan digital.

“Perkembangan zaman itu kan tidak bisa kita hindari. Untuk itu, kita yang harus berbenah dan menyesuaikan. Kita tingkatkan kemampuan digital dan lainnya. Apalagi ke depan, kita akan semakin banyak menggunakan sistem elektronik. Kalau sistem sudah canggih, tetapi tak bisa kita ikuti kan percuma juga nanti, tak terasa manfaat teknologi itu,” kata Sabrina saat menjadi pemimpin upacara dalam apel pagi awal tahun 2020, di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Senin (6/1/2020).

Saat ini, kata Sabrina, absen memang sudah menggunakan elektronik. Berikutnya, akan dilakukan uji coba pengerjaan laporan kinerja dengan menggunakan sistem elektronik. Begitu pula uji coba untuk urusan surat menyurat.

“Laporan kinerja biasanya manual per bulan, tahun ini kita uji coba per hari dikerjakan melalui sistem elektronik. Begitu juga surat menyurat, selain lebih cepat juga mudah menjajaki surat yang masuk sudah sampai mana, sudah diproses atau belum. Tidak ada  istilah surat tercecer, dan tugas pelayanan terhadap masyarakat juga semakin cepat,” tuturnya.

BACA JUGA: Pemprov Sumut Anggarkan Rp5 Miliar untuk Tangani Wabah Hog Cholera 

Sebelumnya, di hadapan para ASN, Sabrina juga membacakan pidato pengarahan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Antara lain disampaikan, tentang peran penting kelestarian sumber daya hutan dalam rangka keberhasilan pembangunan yang berkelanjutan.

“Menjalani tahun 2020 ini, Pemprov Sumut akan terus berupaya menekan terjadinya gangguan keamanan terhadap kawasan hutan, terutama akibat perambahan, perubahan peruntukan kawasan hutan menjadi perkebunan, pemukiman, kebakaran hutan dan lahan,” ucap Sabrina membacakan.

Mengakhiri arahan sebagai pembina apel, Sabrina pun mengajak ASN untuk mengobarkan semangat baru di Tahun 2020. Menjadi ASN yang taat azas dan peraturan. Sehingga, tujuan untuk mewujudkan Sumut yang maju, aman, dan bermartabat segera tercapai.

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Hendra Dermawan Siregar saat ditemui usai apel sepakat dan mengamini arahan yang disampaikan oleh Sekdaprov Sabrina, khususnya peningkatan kemampuan digital.

“Saat ini kita memasuki era industri 4.0. Jika kita tak berbenah kita ketinggalan, tetapi jika kita mampu menyesuaikan, banyak hal besar yang bisa kita ciptakan khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya. 


Editor : Kastolani Marzuki