Pemprov Sumut Anggarkan Rp5 Miliar untuk Tangani Wabah Hog Cholera

Stepanus Purba · Kamis, 19 Desember 2019 - 16:40 WIB
Pemprov Sumut Anggarkan Rp5 Miliar untuk Tangani Wabah Hog Cholera
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. (Foto: Dok iNews).

MEDAN, iNews.id - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menganggarkan dana Rp5 miliar untuk mengatasi virus Hog cholera di sejumlah daerah tersebut. Hingga kini sudah ada 29.000 ekor babi mati di 16 kabupaten/kota.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, anggaran ini disiapkan untuk pengawasan dan menahan laju virus tersebut, termasuk untuk proses penguburan babi yang mati mendadak.

"Untuk patroli, lalu menyiapkan pos-pos untuk menutupkan jalan keluar masuk babi dari dalam keluar dan sebaliknya. Termasuk personel untuk menguburkan babi yang mati," kata Edy di Lapangan Benteng, Kota Medan, Kamis (19/12/2019).

Selain itu, untuk membantu proses penguburan babi yang mati milik masyarakat, Edy mengatakan, sudah menyiapkan satu unit alat berat. Hal ini dimaksud agar warga tersebut tidak membuang babi sembarangan dan rawan mewabah lebih luas.

"Kita siapkan alat berat untuk menguburkan sehingga tidak dibuang di sembarang tempat," ujar dia.

Namun Edy mengatakan, anggaran yang digunakan bukan untuk memusnahkan seluruh babi yang ada di Sumut, melainkan hanya penanganan Hog Cholera saja.

"Belum, kalau untuk pemusnahan. Coba bayangkan ada sekitar 2 juta ekor babi. Bila untuk pemusnahan dibutuhkan biaya Rp3 juta, dikalikan 2 juta ekor, biayanya pasti besar," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal