Gelar Aksi Damai, Ratusan Warga Siantar Tolak Unjuk Rasa Anarkistis

Dharma Setiawan ยท Senin, 26 Oktober 2020 - 17:19:00 WIB
Gelar Aksi Damai, Ratusan Warga Siantar Tolak Unjuk Rasa Anarkistis
Ratusan warga Pematangsiantar yang tergabung dalam AMPS menggelar aksi damai, Senin (26/10/0202). (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

PEMATANGSIANTAR, iNews.id - Ratusan orang dari Aliansi Masyarakat Peduli Siantar (AMPS) menggelar aksi damai di Kota Pematangsiantar, Senin (26/10/2020). Aksi damai merupakan bentuk penolakan warga Pematangsiantar terkait maraknya unjuk rasa anarkistis yang terjadi di Indonesia beberapa waktu terakhir.

Dalam aksinya, massa meminta seluruh masyarakat untuk menjaga toleransi dan perdamaian di Indonesia khususnya di kota Pematangsiantar. Selain itu, massa mengajak warga untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang dengan suasana kondusif.

Dalam aksinya, massa juga meminta ASN Pemko Pematangsiantar, DPRD, dan Kepolisian untuk menjaga integritas selama pelaksanaan pilkada. Massa juga mengajak ketiga lembaga tersebut untuk menandatangani pakta integritas untuk menjaga suasana kondusif.

Koordinator aksi damai, Rudi Wu mengatakan seluruh warga negara memiliki hak untuk menyampaikan pendapat di muka umum. Namun demikian, ada aturan-aturan yang wajib dipatuhi saat menyampaikan pendapat.

"Negara menjamin warganya untuk bersuara. Namun hak-hak warga negara lainnya juga wajib dihargai," ucap Rudi, Senin (26/10/2020).

Rudi menegaskan AMPS menolak segala bentuk kekerasan dan aksi anarkistis yang terjadi belakangan ini di Indonesia.

"Kami menolak segala bentuk kekerasan dalam bentuk apapun. Karena Kota Pematangsiantar merupakan kota yang damai dan cinta perdamaian," ucapnya.

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2