Geram Peredaran Narkoba, Puluhan Orang di Madina Rusak Rumah Terduga Bandar Sabu

Ahmad Husein Lubis ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 11:30 WIB
Geram Peredaran Narkoba, Puluhan Orang di Madina Rusak Rumah Terduga Bandar Sabu
Rumah terduga bandar narkoba di Mandailing Natal dirusak warga. (Foto: iNews/Ahmad Husein Lubis)

MANDAILING NATAL, iNews.id - Puluhan orang mengamuk dan merusak rumah seorang terduga bandar narkoba di Kecamatan Bantahan, Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut). Warga merusak rumah tersebut dengan melemparinya dengan batu.

Kaca rumah AL, salah satu terduga bandar narkoba ini pecah berserakan akibat lemparan batu. Isi rumah juga porak poranda. Beruntung AL dan keluarga berhasil lari menyelamatkan diri.

Aksi perusakan ini dilatarbelakangi warga yang geram karena peredaran narkoba di wilayah mereka telah sangat meresahkan.

Sebelumnya, AL dicurigai menjadi pemasok ganja dan sabu di Kecamatan Batahan. Apalagi, usai polisi berhasil mengungkap jaringan pengedar narkoba di wilayah tersebut dengan mengamankan dua pengedar EE dan OA.

Dari penangkapan mereka, polisi mengamankan lebih dari 5 gram sabu dan sejumlah paket ganja. Salah seorang pengedar, OA harus meregang nyawa akibat tertembus timah panas petugas karena berusaha melawan saat penggerebekan.

Usai merusak rumah AL, sejumlah perwakilan warga Kecamatan Batahan mendatangi Mapolres Madina, Jumat (26/6/2020). Selain ingin mengklarifikasi aksi amuk massa yang mereka lakukan, warga juga mengungkapkan kekesalan karena maraknya peredaran narkoba di wilayah setempat.

Warga menduga, maraknya peredaran narkoba memicu tingginya angka kriminalitas lain di Kecamatan Batahan. Aksi kejahatan yang marak terjadi di antaranya pencurian dan pembegalan.

"Kriminalitas sudah dilakukan oleh pelajar, merampas langsung dari korban. Ada juga perselingkuhan yang mana pelakunya, sama-sama mengonsumsi narkoba," kata salah satu warga, Irsan Pariadi, Jumat (26/6/2020).

Sementara, Kapolres Mandailing Natal, AKBP Horas Tua Silalahi mengatakan, sebagai respon dari keluhan warga tersebut, pihaknya berjanji akan memberantas habis peredaran narkoba di Kecamatan Batahan. Polisi akan menindak pelaku tanpa pandang bulu, termasuk jika sampai melibatkan oknum anggotanya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menaruh perhatian pada masalah narkoba, karena masalah ini merupakan kejahatan yang luar biasa," katanya.


Editor : Umaya Khusniah